PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PEMBERIAN UKURAN GAMBAR TEKNIK


Dimas Dwi Pratama, 5201416029 (2021) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PEMBERIAN UKURAN GAMBAR TEKNIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PEMBERIAN UKURAN GAMBAR TEKNIK Skripsi] PDF (PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PEMBERIAN UKURAN GAMBAR TEKNIK Skripsi) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kompetensi pemberian ukuran perlu dikuasai oleh siswa karena memberikan ukuran-ukuran pada gambar teknik harus jelas agar tidak menimbulkan salah tafsir. Penggunaan media pembelajaran merupakan sarana menyampaikan informasi berupa materi kepada siswa. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran audio visual untuk memberikan gambaran nyata yang disertai suara pada materi pemberian ukuran gambar sebagai inovasi pada proses pembelajaran jarak jauh selama pendemi Covid-19. Tujuan penelitian adalah untuk menguji kelayakan, keefektifan, dan peningkatan hasil belajar menggunakan media pembelajaran audio visual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true experimental dengan desain penelitian pretest-posttest control gorup design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 4 Semarang tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel yang terdiri 36 siswa kelas XI TP 1 (kelas kontrol) dan 36 siswa kelas XI TP 2 (kelas ekperimen). Teknik pengumpulan data berupa metode wawancara, dokumentasi, kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji perbedaan rata-rata, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran audio visual berdasarkan penilaian ahli dikategorikan sangat layak untuk digunakan dan penggunaannya dalam pembelajaran lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi pemberian ukuran gambar dibandingkan dengan pembelajaran yang biasa digunakan. Besarnya peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran audio visual tergolong dalam kategori sedang yaitu sebesar 0,47 sedangkan dengan pembelajaran yang biasa digunakan sebesar 0,25 yang tergolong dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran audio visual, pemberian ukuran, hasil belajar
Subjects: L Education > Special Education > Education technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:48
Last Modified: 01 Sep 2021 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45301

Actions (login required)

View Item View Item