HUBUNGAN TINGKAT KONSENTRASI TERHADAP AKURASI PUKULAN PADA ATLET BILIAR KABUPATEN BANYUMAS


Faizul Ibni Fuadi, 6101413012 (2020) HUBUNGAN TINGKAT KONSENTRASI TERHADAP AKURASI PUKULAN PADA ATLET BILIAR KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN TINGKAT KONSENTRASI TERHADAP AKURASI PUKULAN PADA ATLET BILIAR KABUPATEN BANYUMAS] PDF (HUBUNGAN TINGKAT KONSENTRASI TERHADAP AKURASI PUKULAN PADA ATLET BILIAR KABUPATEN BANYUMAS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini berdasarkan penurunan kemampuan atlet Kabupaten Banyumas terutama pada akurasi pukulan yang memiliki pengaruh terhadap keberhasilan dalam permainan biliar, sehingga hubungan tingkat konsentrasi terhadap akurasi pukulan pada atlet biliar Kabupaten Banyumas sangat menarik untuk dikaji. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui: 1) Hubungan tingkat konsentrasi terhadap one shoot, 2) Hubungan tingkat konsentrasi terhadap score point, 3) Hubungan one shoot terhadap score point. Metode penelitian ini menggunakan survey dengan teknik tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini 10 pemain biliar. Teknik penarikan sampel menggunakan total sampling. Variabel bebas: tingkat konsentrasi, variabel terikat, akurasi pukulan permainan biliar. Teknik pengambilan data: 1) Tes Kecerdasan Emosi, 2) Tes Konsentrasi, 3) Hasil Permainan Biliar. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dengan program SPSS versi 15. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: 1) Ada hubungan tingkat konsentrasi terhadap one shoot sebesar 0,651. 2) Tidak ada hubungan tingkat konsentrasi terhadap score point sebesar 0,491. 3) Ada hubungan one shoot terhadap score point 0,511. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan yang dapat diambil adalah bahwasanya konsentrasi pada atlet biliar Kabupaten Banyumas tergolong sedang dengan presentase sebesar 40%, akurasi pukulan pada atlet biliar Kabupaten Banyumas tergolong baik dibuktikan dengan adanya hasil one shoot dan score point dengan presentase 50%, tingkat konsentrasi mempunyai pengaruh besar tentang hasil permainan biliar bola 9 pada pemain di klub biliar Kabupaten Banyumas. Saran pada penelitian ini Bagi para pelatih biliar Kabupaten Banyumas juga memperhatikan tingkat konsentrasi, dan akurasi pukulan, dan para pemain biliar hendaknya selalu meningkatkan keseriusannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Konsentrasi, Akurasi Pukulan Permainan Biliar
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:48
Last Modified: 01 Sep 2021 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45298

Actions (login required)

View Item View Item