“PENGARUH KEAMANAN KERJA DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI PADA KINERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI” (Studi Pada Karyawan CV. Sultan Tex Tegal)


Yusuf Leonardo Sitanggang, 7311416072 (2020) “PENGARUH KEAMANAN KERJA DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI PADA KINERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI” (Studi Pada Karyawan CV. Sultan Tex Tegal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “PENGARUH KEAMANAN KERJA DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI PADA KINERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI” (Studi Pada Karyawan CV. Sultan Tex Tegal)] PDF (“PENGARUH KEAMANAN KERJA DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI PADA KINERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI” (Studi Pada Karyawan CV. Sultan Tex Tegal)) - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Yusuf Leonardo Sitanggang. 2016. Pengaruh Keamanan Kerja dan Persepsi Dukungan Organisasi pada Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja sebagai variabel Mediasi (Studi pada Karyawan CV. Sultan Tex Tegal). Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Nury Ariani Wulansari., S.E., M.Sc., Kata Kunci: Keamanan Kerja, Persepsi Dukungan Organisasi, Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja Kinerja merupakan hasil dari suatu peran atau posisi dalam perusahaan yang mana kinerja tersebut merupakan output seorang karyawan dalam melakukan pekerjaan yang diperintahkan. Faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan yaitu keamanan kerja yang mana dalam beberapa situasi pekerjaan, seorang karyawan mengharapkan pekerjaan jangka panjang dengan adanya keamanan kerja yang diberikan perusahaan untuk kelangsungan hidup karyawan. Selain itu, keberhasilan organisasi juga dipengaruhi oleh dukungan yang diberikan organisasi dan atasan langsung. Dukungan tinggi yang diberikan organisasi akan membuat karyawan memiliki kepuasan kerja yang tinggi pula terhadap perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan CV. Sultan Tex Tegal. Pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan proportionate random sampling dan perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus proportionate random sampling yang diketahui sebesar 110 karyawan CV. Sultan Tex Tegal. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan program WarpPLS 3. Hasil pengujian langsung menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif signifikan antara keamanan kerja pada kinerja karyawan. Persepsi dukungan organisasi memiliki pengaruh positif signifikan pada kinerja karyawan. Keamanan kerja memiliki pengaruh positif signifikan pada kepuasan kerja, dan juga persepsi dukungan organisasi memiliki pengaruh positif signifikan pada kepuasan kerja. Kepuasan kerja memiliki hubungan positif signifikan pada kinerja karyawan. Pada pengujian tidak langsung menunjukkan hasil bahwa kepuasan kerja terbukti memediasi hubungan antara keamanan kerja pada kinerja karyawan, sedangkan kepuasan kerja tidak terbukti memediasi hubungan antara persepsi dukungan organisasi pada kinerja karyawan, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien hubungan langsung lebih besar daripada hubungan tidak langsung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keamanan kerja dan persepsi dukungan organisasi sangat berperan penting untuk meningkatkan kepuasan kerja dan kinerja karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kinerja karyawan, manajemen CV. Sultan Tex Tegal harus dapat membuat kebijakan baru mengenai presensi karyawan dan memberikan rewards kepada karyawan yang memiliki presensi penuh selama satu bulan penuh serta mengadakan gathering untuk meningkatkan tingkat kerja sama antar karyawan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keamanan Kerja, Persepsi Dukungan Organisasi, Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:43
Last Modified: 01 Sep 2021 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45296

Actions (login required)

View Item View Item