HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN KEPERCAYAANDIRI MAHASISWA UNIT KEGIATAN MAHASISWA TAEKWONDO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Eky Setya Wulan Sari, i 6211416004 (2020) HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN KEPERCAYAANDIRI MAHASISWA UNIT KEGIATAN MAHASISWA TAEKWONDO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN KEPERCAYAANDIRI MAHASISWA UNIT KEGIATAN MAHASISWA TAEKWONDO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN KEPERCAYAANDIRI MAHASISWA UNIT KEGIATAN MAHASISWA TAEKWONDO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada perasaan cemas yang berlebihan pada saat pertandingan yang dapat menimbulkan kecemasan dalam bentuk gangguan panik, tegang, dan bingung sehingga berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri. Atlet seringkali dalam memulai pertandingan mengalami gangguan kecemasan seperti perasaan gelisah, khawatir akan kegagalan, mengetahui lawan yang bermain jauh lebih baik dari dirinya, cemas sebelum pergi ke tempat pertandingan, cemas berlanjut ketika namanya disebut saat akan memulai pertandingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan yang ada pada Mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa Taekwondo Unniversitas Negeri Semarang serta hubungan keduanya. Jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Variabel independent kepercayaan diri dan variabel dependen kecemasan bertanding. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa Taekwondo Unniversitas Negeri Semarang yang berjumlah 33 mahasiswa. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel data 33 atlet. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala kecemasan dan kepercayaan diri. Teknik analisis data menggunakan deskripsi persentase dan analisis korelasi pearson product moment. Hasil penelitian diperoleh (1) tingkat kecemasan bertanding pada Mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa Taekwondo Universitas Negeri Semarang berada pada kategori sedang, (2) tingkat kepercayaan diri pada Mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa Taekwondo Universitas Negeri Semarang berada pada kategori sedang, (3) terdapat hubungankecemasan dengan kepercayaan diri pada Mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa Taekwondo Universitas Negeri Semarang. Semakin tinggi tingkat kecemasan makan semakin rendah tingkat kepercayaan diri. Simpulan pada penelitian ini yaitu kecemasan bertanding atlet sedang dan kepercayaan diri sedang. Saran yang dapat diberikan yaitu pada pelatih yang sudah mengetahui tingkat kecemasan dan kepercayaan diri atlet lebih bisa menindaklanjuti untuk hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Kepercayaan Diri
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:38
Last Modified: 01 Sep 2021 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45292

Actions (login required)

View Item View Item