PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK MODEL TESTLET UNTUK MENDETEKSI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA


Rizqi Kurnia Safitri, 4001416053 (2020) PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK MODEL TESTLET UNTUK MENDETEKSI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK MODEL TESTLET UNTUK MENDETEKSI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA] PDF (PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK MODEL TESTLET UNTUK MENDETEKSI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran IPA di SMP/MTs diharapkan mengarah pada tercapainya tujuan pembelajaran. Peserta didik dapat mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran yang harus dideteksi untuk memaksimalkan hasil belajar. Penelitian Research & Development ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik tes diagnostik model testlet dan profil kesulitan belajar peserta didik pada materi suhu dan perubahannya. Desain penelitian menggunakan model 4D yang direduksi menjadi 3D meliputi: define, design, dan develop. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Semarang dengan jumlah responden sebesar 39 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan metode deskriptif-kuantitatif melalui uji karakteristik (validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda), analisis angket tanggapan guru dan peserta didik, dan analisis profil kesulitan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes diagnostik model testlet dapat digunakan untuk mendeteksi kesulitan belajar peserta didik pada materi suhu dan perubahannya. Tes diagnostik model testlet yang dikembangkan memiliki karakteristik valid, reliabel, relevan, representatif, praktis, deskriminatif, spesifik, dan proporsional. Profil kesulitan belajar pada materi suhu dan perubahannya yaitu, kemampuan verbal, tertinggi dan terendah sebesar 64% dan 31% pada Indikator Pencapaian Kompetensi 6 dan 3; penguasaan konsep, tertinggi dan terendah sebesar 68% dan 31% pada Indikator Pencapaian Kompetensi 8 dan 5; dan kemampuan berhitung, tertinggi dan terendah sebesar 75% dan 9% pada Indikator Pencapaian Kompetensi 5 dan 1.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tes Diagnostik, Testlet, Kesulitan Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 01 Sep 2021 01:58
Last Modified: 01 Sep 2021 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45284

Actions (login required)

View Item View Item