PEMBUATAN PAVING BLOCK BERBAHAN DASAR LIMBAH PLASTIK POLYETHYLENE, BOTTOM ASH HASIL INSENERASI DAN BAHAN TAMBAHAN PASIR


Fadhilatul Rohma, 4311416012 (2020) PEMBUATAN PAVING BLOCK BERBAHAN DASAR LIMBAH PLASTIK POLYETHYLENE, BOTTOM ASH HASIL INSENERASI DAN BAHAN TAMBAHAN PASIR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBUATAN PAVING BLOCK BERBAHAN DASAR LIMBAH PLASTIK POLYETHYLENE, BOTTOM ASH HASIL INSENERASI DAN BAHAN TAMBAHAN PASIR] PDF (PEMBUATAN PAVING BLOCK BERBAHAN DASAR LIMBAH PLASTIK POLYETHYLENE, BOTTOM ASH HASIL INSENERASI DAN BAHAN TAMBAHAN PASIR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan limbah sering menjadi tantangan bagi lingkungan sekitar kita, seperti limbah plastik dan limbah bottom ash khususnya bagi industri yang menghasilkan limbah padat. Penelitian ini berupaya untuk memanfaatkan kembali limbah bottom ash hasil insenerasi pembakaran limbah resin dan pemanfaatan ulang limbah plastik polyethylene. Paving block dibuat melalui proses pencampuran dan pencetakan dalam keadaan panas, yang sebelumnya plastik polyethylene telah dilelehkan terlebih dahulu kemudian bottom ash dicampurkan ke dalamnya. Paving block yang sudah jadi kemudian diuji kuat tekan, penyerapan air, dan ketahanan terhadap natrium sulfat. Karakterisasi paving block menggunakan Forier Transform Infra Red (FTIR), Scanning Electron Microscopy (SEM) dan Energy Dispersive X-ray Spectroscopy (EDX). Hasil penelitian menunjukkan paving block yang berkomposisi BA + PE + Pasir mempunyai hasil yang lebih baik dibanding paving block dengan komposisi BA + PE. Paving block komposisi BA + PE + Pasir mempunyai kuat tekan 26,69 Mpa, penyerapan air 0,59% dan ketahanan terhadap natrium sulfat 0,39%. Paving block komposisi BA + PE mempunyai kuat tekan 25,63 Mpa, penyerapan air 0,56 % dan ketahanan terhadap natrium sulfat 0,24%. Paving block yang dihasilkan memenuhi kriteria untuk paving block mutu B, namun dengan penyerapan air yang kecil. Hasil FTIR menunjukkan adanya interaksi kimia antara bottom ash dan plastik polyethylene, ditunjukkan dengan adanya ikatan hidrogen yang terbentuk pada produk, yaitu puncak pada bilangan gelombang 3434 cm-1 yang menunjukkan adanya ikatan O-H, dan puncak pada bilangan gelombang 1033 cm-1 menunjukkan vibrasi Si-O-Si.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Paving block, Bottom ash, Limbah Plastik Polyethylene
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:05
Last Modified: 01 Sep 2021 02:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45283

Actions (login required)

View Item View Item