PEMBENTUKAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM MATERI KERJASAMA DALAM BERBAGAI BIDANG KEHIDUPAN DENGAN PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KALORAN


Elsa Elinda, 3301416039 (2020) PEMBENTUKAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM MATERI KERJASAMA DALAM BERBAGAI BIDANG KEHIDUPAN DENGAN PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KALORAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBENTUKAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM  MATERI KERJASAMA DALAM BERBAGAI BIDANG  KEHIDUPAN DENGAN PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA  KELAS VII SMP NEGERI 1 KALORAN] PDF (PEMBENTUKAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM MATERI KERJASAMA DALAM BERBAGAI BIDANG KEHIDUPAN DENGAN PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KALORAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah salah satu mata pelajaran yang berperan penting dalam membentuk keterampilan sosial siswa khususnya pada materi Kerjasama dalam Berbagai Kehidupan di Masyarakat. Oleh karena itu guru harus mampu mengintegrasikan antara materi dan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif ketika proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan sosial yang terbentuk dalam pembelajaran kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan dengan model jigsaw, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan di Masyarakat untuk membentuk keterampilan sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kaloran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Latar penelitian ini adalah di SMP Negeri 1 Kaloran terletak di Desa Geblog, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi: Kepala Sekolah, Guru PPKn dan Perwakilan Siswa Kelas VII A, VII C dan VII D SMP Negeri 1 Kaloran. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian (1) Keterampilan sosial yang ditanamkan kepada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kaloran meliputi kemampuan berkomunikasi dalam kelompok, percaya diri, tanggung jawab, kemampuan memecahkan masalah, disiplin dan kemampuan menghargai perbedaan. Pembentukan keterampilan sosial tersebut didesain oleh guru PPKn di SMP Negeri 1 Kaloran melalui proses pembelajaran dengan materi dan model pembelajaran yang diintegrasikan untuk membentuk keterampilan sosial siswa. Guru PPKn di SMP Negeri 1 Kaloran mempersiapkan pembelajaran mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. (2) pelaksanaan pembelajaran PPKn dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw di SMP Negeri 1 Kaloran melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan pengerjaan tugas kelompok yang telah sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif yang dibuat. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw membuat siswa bertanggung jawab memahami materi Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan sehingga siswa di dalam kelas memiliki kemampuan berkomunikasi dan menghargai perbedaan dalam berdiskusi maupun dalam presentasi. (3) melalui pembelajaran ini siswa mampu mengembangkan keterampilan dasar berinteraksi yaitu saling mengenal antar teman sebaya beserta karakteristiknya masing-masing, berbagi informasi untuk memecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru. Siswa juga dapat mengembangkan keterampilan komunikasi yaitu siswa dapat mendengar dan berbicara secara bergiliran, mengemukakan pendapat, mendengarkan sampai orang lain menyelesaikan pembicaraannya. Selain itu keterampilan membangun tim/kelompok, mengakomodasi pendapat orang, bekerjasama, saling tolong menolong dan saling memperhatikan, mencari jalan keluar dengan berdiskusi dan menghargai terhadap pendapat yang berbeda. Saran yang diberikan penulis adalah (1) guru harus menjelaskan secara rinci dan jelas tata cara pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, sehingga siswa mengetahui apa yang mereka perlukan untuk dikerjakan dalam proses berikutnya. (2) Guru juga seharusnya memotivasi siswa agar memiliki semangat belajar yang kuat, karena motivasi belajar sangat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mata Pelajaran PPKn, Keterampilan Sosial, Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Social Behavior
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:03
Last Modified: 01 Sep 2021 02:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45279

Actions (login required)

View Item View Item