PENGARUH AGITASI LARUTAN PADA ELECTROPLATING NIKEL TERHADAP KETEBALAN LAPISAN DAN KEKERASAN BAJA ST 37


Tedi Nurrokhman, 5201416027 (2020) PENGARUH AGITASI LARUTAN PADA ELECTROPLATING NIKEL TERHADAP KETEBALAN LAPISAN DAN KEKERASAN BAJA ST 37. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH AGITASI LARUTAN PADA ELECTROPLATING NIKEL TERHADAP KETEBALAN LAPISAN DAN KEKERASAN BAJA ST 37] PDF (PENGARUH AGITASI LARUTAN PADA ELECTROPLATING NIKEL TERHADAP KETEBALAN LAPISAN DAN KEKERASAN BAJA ST 37) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Baja ST 37 merupakan salah satu jenis baja karbon rendah yang memiliki sifat mekanik baik seperti kekerasan, keuletan dan ketangguhan yang baik. Namun jenis logam ini memiliki ketahanan korosi yang rendah. Salah satu perlindungan terhadap korosi adalah dengan cara pelapisan logam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kekerasan dan ketebalan yang dihasilkan dari pengaturan kecepatan agitasi larutan electroplating nikel baja ST 37. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dilakukan pada material baja ST 37 berukuran 55 mm x 40 mm x 5mm. Parameter yang digunakan adalah variasi agitasi larutan electroplating nikel 5 L/min, 10 L/min, dan 15 L/min. Arus yang digunakan adalah 5 A dan tegangan 2 Volt. Data penelitian kekerasan diperoleh menggunakan metode uji Micro Vickers. Data penelitian ketebalan lapisan diperoleh menggunakan alat Coating Thickness Gauge DUALSCOPE MPOR. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan ketebalan dan kekerasan disetiap kecepatan agitasi larutan electroplating nikel. Nilai kekerasan optimum pada agitasi 15 L/min dengan nilai rata-rata kekerasan 286 VHN. Nilai kekerasan minimum pada variasi tanpa agitasi dengan nilai kekerasan rata-rata 243 VHN. Nilai ketebalan lapisan optimum pada agitasi 15 L/min dengan nilai rata-rata 0,76 μm. Nilai ketebalan lapisan minimum pada variasi tanpa agitasi dengan ketebalan rata-rata 0,56 μm.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Agitasi, Electroplating, Kekerasan, Ketebalan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Sep 2021 00:55
Last Modified: 01 Sep 2021 00:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45272

Actions (login required)

View Item View Item