Pengaruh Minat Baca dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SD Pangudi Luhur Ambarawa Kelas IIIA–VIA semester I tahun 2005–2006.


Ignatius Moh Tohir, 2007 (2007) Pengaruh Minat Baca dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SD Pangudi Luhur Ambarawa Kelas IIIA–VIA semester I tahun 2005–2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Minat Baca dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SD Pangudi Luhur Ambarawa Kelas IIIA–VIA semester I tahun 2005–2006.]
Preview
PDF (Pengaruh Minat Baca dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SD Pangudi Luhur Ambarawa Kelas IIIA–VIA semester I tahun 2005–2006.) - Published Version
Download (18kB) | Preview

Abstract

IGNATIUS MOH. TOHIR. 2007 Pengaruh Minat Baca dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SD Pangudi Luhur Ambarawa Kelas IIIA–VIA semester I tahun 2005–2006. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Di bawah bimbingan Drs. Sugiyarto S.L., M.Psi, dan Drs. Hariyanto. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh minat baca siswa dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SD Pangudi Luhur Ambarawa Kelas IIIA – VIA. Latar belakang penulisan penelitian ini adalah adanya fenomena di SD Pangudi Luhur Ambarawa yang mengindikasikan bahwa prestasi belajar mata pelajaran IPS di sekolah masih kurang. Lokasi penelitian ini adalah di SD Pangudi Luhur Ambarawa. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Februari 2006, dengan sasaran siswa kelas IIIA – VIA, menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode angket sebagai metode utama, metode observasi dan dokumentasi untuk melengkapi data penelitian. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh positif yang signifikan antara minat baca siswa dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar.. Jumlah populasi keseluruhan subyek penelitian adalah 207 siswa. Variabel-variabel penelitian diukur dengan menggunakan angket minat baca dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar. Pengujian reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan pengujian validitas menggunakan rumus korelasi bivariate. Sedangkan untuk analisa yang bertujuan mengetahui adanya hubungan antar variabel, menggunakan teknik analisa regresi berganda. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis regresi, menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara minat baca siswa dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar (rxy = 0.899, p = 0,05). Hal ini berarti semakin tinggi minat baca siswa dan perhatian orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar IPS di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapat, peneliti memberikan rekomendasi bahwa perlu adanya pendampingan dari orang tua atau wali dalam belajar siswa sehingga di dalam diri siswa tumbuh minat untuk menyukai kegiatan membaca dan mengusahakan pengadaan dan penambahan sarana baca siswa agar semakin mendorong siswa untuk gemar membaca.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2011 02:41
Last Modified: 24 Sep 2011 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4527

Actions (login required)

View Item View Item