RANCANG BANGUN MESIN PENGHANCUR LIMBAH EVAPORATION BOATS DENGAN PENGGERAK MOTOR LISTRIK


Abdul Patah Rohayandi, 5201416018 (2020) RANCANG BANGUN MESIN PENGHANCUR LIMBAH EVAPORATION BOATS DENGAN PENGGERAK MOTOR LISTRIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of RANCANG BANGUN MESIN PENGHANCUR LIMBAH EVAPORATION BOATS DENGAN PENGGERAK MOTOR LISTRIK] PDF (RANCANG BANGUN MESIN PENGHANCUR LIMBAH EVAPORATION BOATS DENGAN PENGGERAK MOTOR LISTRIK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia industri terutama industri metalizing plastic banyak sekali limbah evaporation boats setalah digunakan selama 8 jam limbah tersebut tidak diproduksi lagi. Dalam hal ini peneliti akan merancang sebuah alat penghancur limbah evaporation boats yang dapat digunakan untuk mengolah limbah evaporation boats yang tidak terpakai menjadi serbuk yang nantinya dapat di olah menjadi sebuah produk yang berguna. Contoh olahan dari limbah evaporation boats bekas yaitu seperti kowi untuk peleburan logam. Dari hasil pengamatan limbah evaporation boats yang berupa potongan-potongan tidak banyak di manfaatkan dan selama ini kebanyakan ditumpuk begitu saja dan bahkan hanya digunakan untuk menutup tanah. Evaporation boats terbuat dari senyawa boron nitride yang memiliki densitas >2,75 g/cm3, resistivitas pada suhu 1600 oC yaitu 1300-4800x 10-6ohm cm, brinel hardness 45 pada suhu ruangan, kalor jenis dan konduktivitas sebesar 0,68 J/gK dan 8 W/K pada suhu 20oC dan titik lebur 2700 oC. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk mendesain mesin penghancur limbah evaporation boats yang efisien dalam penghancuran limbah, untuk mengetahui daya motor yang dibutuhkan agar kapasitas mesin yang diinginkan dapat tercapai lalu mengetahui sistem pemukul agar penghancur dapat menghasilkan penghancuran menjadi serbuk 100 mesh. Prosedur perancangan ini meliputi observasi dan pengumpulan data, definisi proyek, proyek dan penyusunan spesifikasi teknis produk, perancangan konsep produk, perancangan produk, dokumen untuk pembuatan produk, hingga diperoleh hasil dan ditarik kesimpulan. Hasil perancangan ini adalah rancangan mesin penghancur limbah evaporation boats dengan spesifikasi;(a) dimensi mesin dengan panjang 850 mm, lebar 400 mm, tinggi 800 mm;(b) kapasitas maksimal 4 kg, kapasitas penghancuran mendapatkan 50kg/jam;(c) gaya bandul penghancur 17 kg;(d) daya motor listrik 1 HP;(e) diameter poros penghancur yang digunakan 30 mm; (f) ukuran puli yang digunakan 4:1 yang Dp:8 inchi dan dp: 2 inchi;(g) sabuk-V yang digunakan tipe A dengan No.56.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mesin penghancur, evaporation boats
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Sep 2021 00:41
Last Modified: 01 Sep 2021 00:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45269

Actions (login required)

View Item View Item