PENGARUH WARNA PELAPIS DAN KETEBALAN LAPISAN PADA PROSES ZINC ELECTROPLATING TERHADAP LAJU KOROSI BAJA AISI 1015


Muttaqin Haqiqi, 5201416016 (2020) PENGARUH WARNA PELAPIS DAN KETEBALAN LAPISAN PADA PROSES ZINC ELECTROPLATING TERHADAP LAJU KOROSI BAJA AISI 1015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH WARNA PELAPIS DAN KETEBALAN LAPISAN PADA PROSES ZINC ELECTROPLATING TERHADAP LAJU KOROSI BAJA AISI 1015] PDF (PENGARUH WARNA PELAPIS DAN KETEBALAN LAPISAN PADA PROSES ZINC ELECTROPLATING TERHADAP LAJU KOROSI BAJA AISI 1015) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Baja karbon rendah memiliki laju korosi yang relatif tinggi. Untuk memperbaiki ketahanan korosi material dapat dilakukan dengan cara pelapisan logam. Electroplating merupakan salah satu jenis teknik pelapisan logam. Tujuan utama electroplating adalah meningkatkan ketahanan korosi dan memperindah tampilan dengan variasi warna. Tujuan penelitian ini adalah meneliti pengaruh variasi warna pelapis terhadap laju korosi baja karbon rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Menggunakan material baja Baja AISI 1015, dengan proses zinc electroplating dan pelapisan warna menggunakan trivalent passivation treatment. Pengujian laju korosi menggunakan metodeweight loss, masa perendaman 7 hari dengan medium korosif NaCl 3,5%. Pengujian ketebalan lapisan dilakukan menggunakan metode foto mikro. Data hasil penelitian diperoleh dengan cara mengamati langsung hasil eksperimen yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh variasi warna pelapis terhadap laju korosi baja Baja AISI 1015 berupa penurunan laju korosi pada masing-masing variasi warna pelapis. Laju korosi terendah terdapat pada variasi warna pelapis hitam yakni 0,016840030 mmpy. Ketebalan lapisan juga berpengaruh terhadap laju korosi baja Baja AISI 1015. Semakin tinggi ketebalan lapisan pada proses zinc electroplating maka semakin rendah laju korosi baja Baja AISI 1015. Disarankan penelitan lebih lanjut dengan variasi variabel dan pengujian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Zinc electroplating, laju korosi, warna pelapis
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Sep 2021 00:38
Last Modified: 01 Sep 2021 00:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45268

Actions (login required)

View Item View Item