ANALISIS KEKUATAN TARIK BAJA ST 41 PADA PENGELASAN GESEK ROTASI DENGAN VARIASI WAKTU GESEK DAN TEMPA


Setiyo Prabowo, 5201416013 (2020) ANALISIS KEKUATAN TARIK BAJA ST 41 PADA PENGELASAN GESEK ROTASI DENGAN VARIASI WAKTU GESEK DAN TEMPA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEKUATAN TARIK BAJA ST 41 PADA PENGELASAN GESEK ROTASI DENGAN VARIASI WAKTU GESEK DAN TEMPA] PDF (ANALISIS KEKUATAN TARIK BAJA ST 41 PADA PENGELASAN GESEK ROTASI DENGAN VARIASI WAKTU GESEK DAN TEMPA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penyambungan benda pejal tergolong kedalam teknik sambungan yang sulit dilakukan dengan metode fusion welding. Pengelasan gesek digunakan sebagai solusi hal tersebut. Pengelasan gesek rotasi tidak membutuhkan panas dari arus listrik, untuk menghasilkan panas diperlukan waktu gesekan. Karena pengelasan ini tergolong pengelasan solid state, perlu adanya penggunaan tekanan dalam proses pengelasan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kekuatan tarik baja ST 41 sambungan pengelasan gesek dengan variasi waktu gesek dan waktu tempa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian factorial design. Variasi waktu gesek yang diteliti selama 8 detik, 10 detik, 12 detik serta waktu tempa 4 detik, 5 detik, 6 detik. Kekuatan yang diuji yaitu kekuatan tarik. Penelitian menggunakan bahan baja ST 41 silinder pejal yang dilas dengan pengelasan gesek dan pengelasan SMAW arus 100 A dengan elektroda E6010. Kemudian hasil dari kedua jenis pengelasan dianalisis dan dibandingkan untuk mengetahui pengelasan jenis manakah yang cocok untuk pengelasan benda kerja berbentuk silinder pejal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kekuatan tarik tertinggi dihasilkan pada variasi waktu gesek 10 detik dengan nilai rata-rata kekuatan tarik 527,97 MPa dan variasi waktu tempa terbaik didapatkan pada waktu tempa 5 detik dengan nilai rata-rata kekuatan tarik 535,3 MPa. Untuk pengelasan jenis shield metal arc welding (SMAW) arus 100 Ampere mendapatkan nilai rata-rata kekuatan tarik yang lebih rendah dari pada pengelasan gesek rotasi variasi waktu gesek dan waktu tempa yaitu 422,01 MPa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelasan Gesek Rotasi, Baja ST 41, Waktu Gesek, Waktu Tempa, Kekuatan Tarik
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Sep 2021 00:32
Last Modified: 01 Sep 2021 00:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45266

Actions (login required)

View Item View Item