RANCANG BANGUN ELECTRICAL PREHEATER UNTUK SUPLAI BAHAN BAKU CAIR PADA PROSES PIROLISIS BERBASIS GELOMBANG MIKRO


Sasminto, 5201416011 (2021) RANCANG BANGUN ELECTRICAL PREHEATER UNTUK SUPLAI BAHAN BAKU CAIR PADA PROSES PIROLISIS BERBASIS GELOMBANG MIKRO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of RANCANG BANGUN ELECTRICAL PREHEATER UNTUK SUPLAI BAHAN BAKU CAIR PADA PROSES PIROLISIS BERBASIS GELOMBANG MIKRO] PDF (RANCANG BANGUN ELECTRICAL PREHEATER UNTUK SUPLAI BAHAN BAKU CAIR PADA PROSES PIROLISIS BERBASIS GELOMBANG MIKRO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Preheater merupakan alat pemanas untuk suplai bahan baku minyak jelantah, pemanas awal pada bahan baku sebelum dimasukkan kedalam reaktor gelombang mikro pada pirolisis. Penelitian ini bertujuan mendesain alat preheater untuk suplai bahan baku, mengetahui pengaruh debit dan mengetahui pengaruh temperatur permukaan pipa bahan baku minyak jelantah pada proses pemanasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap development, tidak sampai tahap implementation dan evaluation dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya Selanjutnya perancangan ini berhasil merancang alat preheater sebagai proses pemanas awal bahan baku minyak jelantah. Hal ini memperhitungkan beberapa parameter diantaranya daya, temperatur dan debit. Bertujuan untuk memenuhi target yang diinginkan dalam pembuatan alat preheater. Preheater ini menggunakan daya pemanas sebesar 400 watt dengan panjang pipa tembaga 1 meter, tahanan 121 Ω dan panjang lilitan pemanas 9,04 meter. Hasil pengujian dilakukan berbagai variasi dari debit yaitu 8, 11, dan 16 mL/menit dengan temperature setting yaitu 200, 250 dan 300 0C. Berdasarkan pengujian tersebut temperature setting 200 0C dengan debit 8 mL/menit, mampu menghasilkan temperatur keluar 196 0C. Hal ini menunjukan pada perancangan alat preheater sesuai dengan rancangan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: preheater, temperatur, minyak jelantah
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Sep 2021 00:26
Last Modified: 01 Sep 2021 00:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45264

Actions (login required)

View Item View Item