PENGARUH PENERAPAN MODEL KOMBINASI TALKING CHIPS DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN KOLABORATIF PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL


Arina Faizati, 4001414048 (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL KOMBINASI TALKING CHIPS DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN KOLABORATIF PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENERAPAN MODEL KOMBINASI TALKING CHIPS DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN KOLABORATIF PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL] PDF (PENGARUH PENERAPAN MODEL KOMBINASI TALKING CHIPS DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN KOLABORATIF PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Materi pemanasan global dalam pembelajaran IPA termasuk ke dalam salah satu materi yang membutuhkan kemampuan penalaran yang baik oleh siswa. Potensi untuk meningkatkan kemampuan berpikir salah satunya dengan penalaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif antara siswa yang diberi perlakuan menggunakan model kombinasi talking chips dan snowball throwing dengan siswa yang diberi perlakuan menggunakan model STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang didapat dari populasi siswa kelas VII SMP N 4 Kudus. Data kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kolaboratif siswa didapatkan melalui observasi. Data hasil kemampuan berpikir kritis diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki peningkatan yang lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kolaboratif antara siswa yang diberi perlakuan menggunakan model kombinasi talking chips dan snowball throwing dengan siswa yang diberi perlakuan menggunakan model STAD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: talking chips, snowball throwing, kemampuan berpikir kritis, kemampuan kolaboratif.
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Aug 2021 14:06
Last Modified: 31 Aug 2021 14:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45262

Actions (login required)

View Item View Item