PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI HIDROLISIS


Rika Ayu Lestari, 4301416070 (2020) PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI HIDROLISIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI HIDROLISIS] PDF (PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI HIDROLISIS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suplemen bahan ajar, menguji kelayakan dan keefektifan serta mengetahui tanggapan peserta didik dan guru terhadap suplemen bahan ajar berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi hidrolisis. Metode penelitian ini mengacu pada model ADDIE dengan tahap analysis, design, development, implementation, evaluation. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kajian pustaka, wawancara, observasi, angket dan tes. Teknik analisis data kelayakan suplemen bahan ajar dilakukan dengan validasi ahli materi, ahli media dan dari hasil tanggapan peserta didik dan guru. Keefektifan suplemen bahan ajar dilakukan dengan uji ketuntasan klasikal dan uji N – Gain pada tahap implementasi, dan analisis tanggapan peserta didik dan guru dilakukan secara deskriptif. Hasil validasi ahli materi dan media berturut – turut mendapat skor 34/40 dan 36/40 dengan kategori sangat layak. Hasil ketuntasan klasikal sebesar 77,78% dan rerata hasil uji N – Gain sebesar 0.66 dengan kategori “sedang”. Hasil tanggapan terhadap suplemen bahan ajar berbasis pendekatan saintifik mendapatkan respon positif dengan proporsi 32/128 peserta didik memberi tanggapan sangat baik, 72/128 peserta didik memberi tanggapan baik dan 24/128 peserta didik memberi tanggapan cukup baik. Dan hasil tanggapan guru mendapatkan tanggapan positif dengan memperoleh rerata skor 38,5/48 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa suplemen bahan ajar berbasis pendekatan saintifik layak digunakan, efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan mendapatkan tanggapan positif dari peserta didik dan guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Suplemen bahan ajar, Pendekatan Saintifik, Pemecahan masalah
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Aug 2021 14:11
Last Modified: 31 Aug 2021 14:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45261

Actions (login required)

View Item View Item