KORELASI KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PRAKTIKUM STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI SMA N 4 PEKALONGAN


Lani Amalia, 4401413100 (2020) KORELASI KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PRAKTIKUM STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI SMA N 4 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KORELASI KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PRAKTIKUM STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI SMA N 4 PEKALONGAN] PDF (KORELASI KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PRAKTIKUM STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI SMA N 4 PEKALONGAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Praktikum yang dilakukan sejauh ini memang sudah memiliki keterampilan proses sains. Namun, guru tidak melakukan penilaian keterampilan proses sains siswa. Siswa masih sangat bergantung pada guru saat praktikum, sehingga keterampilan proses sains yang dimiliki siswa tidak berkembang. Pada hakikatnya keterampilan proses sains tersebut dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar siswa pada praktikum struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Metode penelitian ini adalah penelitian survey dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Pekalongan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA semester genap yang berjumlah 66 orang dengan teknik pengambilan sampel convenience sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi keterampilan proses sains dan Lembar soal tes hasil belajar. Teknik analisa data untuk menghitung koefisen korelasi keterampilan proses sains dengan hasil belajar digunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses sains mahasiswa dalam praktikum struktur dan fungsi jaringan tumbuham memiliki korelasi positif dengan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan oleh r hitung sebesar 0,610 menurut korelasi pearson product moment dengan taraf signifikan 5%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar, Praktikum Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan.
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Aug 2021 13:44
Last Modified: 31 Aug 2021 13:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45255

Actions (login required)

View Item View Item