PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM INOVATIF PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK
Iqnatu Nazila Amique, 4301416088 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM INOVATIF PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM INOVATIF PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa Lembar Kerja Praktikum Inovatif (LKPI) pada pembelajaran berbasis proyek untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini didasarkan pada analisis permasalahan dimana responden menyatakan bahwa metode praktikum merupakan metode yang tepat untuk pembelajaran ilmu pengetahuan. Selain itu, analisis lain menyatakan bahwa keterampilan peserta didik terutama keterampilan proses sains masih kurang. Hasil tersebut membuahkan ide pemikiran pembuatan LKPI yang mengintegrasikan komponen tersebut dengan model pembelajaran berbasis proyek. Pemilihan model didasarkan pada karakteristik model pembelajaran yang memberikan kesempatan lebih untuk pengukuran keterampilan, kemampuan berpikir, kreativitas, dan daya imajinasi peserta didik Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Developmnet (RnD) dengan model pengembangan define, design, develop, dan diseminate (4D) oleh Thiagaradjan (1974). Produk LKPI yang dikembangkan memiliki karakteristik pada pembuatan alat uji portabel dan pengujian menggunakan bahan yang tersedia di lingkungan sekitar. Tahap pengembangan dimulai dengan validasi prototype produk LKPI oleh validator ahli menunjukkan hasil 86,7 dengan kategori sangat baik. Hasil tersebut diperoleh dari hasil capaian tiap aspek syarat lembar kerja yang baik dengan ketercapaian 86% untuk aspek didaktik, 81,3% untuk aspek teknis, dan 93,3% untuk aspek konstruksi. Hasil uji kecil keterbacaan produk oleh peserta didik menghasilkan nilai 89,8% dengan kategori sangat baik. Hasil uji skala besar yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui keefektifan dan kepraktisan produk LKPI. Pengujian produk menghasilkan kesimpulan yang efektif dengan ketuntasan uji pengetahuan 68,3% dari hasil perhitungan N-gain sebesar 0,6782 pada kriteria sedang. Keefektifan juga diukur dari hasil terpenuhinya indikator-indikator keterampilan proses sains dasar pada kategori sangat baik dan terintegrasi dalam kategori baik. Secara keseluruhan produk dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran yang didukung dengan hasil uji kepraktisan produk sebesar 30,93 dalam kategori setuju atau baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan proses sains; lembar kerja praktikum inovatif; pembelajaran berbasis proyek |
Subjects: | L Education > Special Education > Chemistry Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 13:35 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 13:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45253 |
Actions (login required)
View Item |