PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK POPULER BERAKSARA JAWA UNTUK SISWA SMP KELAS VII SKRIPSI


Putri Ayu Nisati, 2601414103 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK POPULER BERAKSARA JAWA UNTUK SISWA SMP KELAS VII SKRIPSI. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK POPULER BERAKSARA JAWA UNTUK SISWA SMP KELAS VII SKRIPSI] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK POPULER BERAKSARA JAWA UNTUK SISWA SMP KELAS VII SKRIPSI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengembangkan buku komik populer beraksara Jawa pada pembelajaran membaca aksara Jawa . Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa terhadap media komik sebagai pembelajaran membaca huruf Jawa, (2) mendeskripsikan prototipe komik sebagai media pembelajaran membaca huruf Jawa, (3) mendeskripsikan hasil validasi ahli dan perbaikan prototipe komik sebagai media pembelajaran membaca huruf Jawa. Penelitian ini menggunakan metode research and development (r&d) prosedur penelitian yang dilakukan meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, dan (5) revisi produk. Hasil penelitian menunjukan beberapa hal, yaitu (1) guru dan siswa SMP Negeri 1 Boja membutuhkan buku komik populer beraksara Jawa, (2) buku komik populer beraksara Jawa berisikan tentang cerita wayang Ramayana versi kidang kencana, (3) hasil validasi ahli materi mendapat nilai rata-rata 3 dari nilai maksimal 4 yang bermakna buku sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dicapai tapi masih ada perbaikan dalam penulisan aksara Jawanya, hasil validasi ahli media mendapat nilai rata-rata 1 dari nilai maksimal 4 yang bermakna desain sesuai dengan alur ceritanya. Dapat disimpulkan bahwa buku komik populer beraksara Jawa ini layak digunakan sebagai media pembelajaran membaca aksara Jawa karena materi dan desain sudah sesuai dengan indikator.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: komik populer, beraksara Jawa.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 31 Aug 2021 08:27
Last Modified: 31 Aug 2021 08:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45239

Actions (login required)

View Item View Item