PENGEMBANGAN BUKU KERJA MENULIS HURUF JAWA MENGGUNAKAN METODE FOLLOW THE LINE PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR


Dini Nurhayati, 2601414105 (2020) PENGEMBANGAN BUKU KERJA MENULIS HURUF JAWA MENGGUNAKAN METODE FOLLOW THE LINE PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU KERJA MENULIS HURUF JAWA MENGGUNAKAN METODE FOLLOW THE LINE PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR] PDF (PENGEMBANGAN BUKU KERJA MENULIS HURUF JAWA MENGGUNAKAN METODE FOLLOW THE LINE PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran menulis huruf Jawa tidak mudah untuk anak jaman sekarang. Hal tersebut karena menulis huruf Jawa merupakan huruf baru bagi peserta didik dan huruf Jawa berbeda dengan huruf latin. Metode yang digunakan oleh guru kurang bervariasi hanya mengunakan metode ceramah. Media cetak yang digunakan dalam pembelajaran menulis Jawa saat ini kurang menyajikan latihan untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf Jawa. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengembangkan buku kerja menulis huruf Jawa untuk peserta didik kelas Tiga Sekolah Dasar kelas Tiga semester 1 dan semester 2 dengan fokus memperbanyak latihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah penelitian ini terdiri dari (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan dan analisis data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari peserta didik, guru, dan validator ahli. Hasil penelitian ini yaitu buku kerja menulis huruf Jawa dengan judul Nulis Aksara Jawa. Buku tersebut terdiri dari pendahuluan (pengenalan huruf Jawa), isi (latihan menulis huruf Jawa menggunakan metode follow the line dan latihan soal-soal menulis huruf Jawa) Materi yang disajikan adalah materi menulis huruf Jawa nglegena. Berdasarkan hasil dalam penelitian ini, buku kerja menulis huruf Jawa ini bisa digunakan dalam pembelajaran menulis huruf Jawa. Buku ini juga bisa menjadi buku pegangan guru saat pembelajaran menulis huruf Jawa di kelas III Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku kerja, menulis huruf Jawa, metode follow the line.
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 31 Aug 2021 08:23
Last Modified: 31 Aug 2021 08:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45238

Actions (login required)

View Item View Item