DETERMINAN PADA USAHATANI JAMBU BIJI GETAS MERAH (Studi Kasus di Desa Tamanrejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal)


Muhammad Nur Kharis, 7111413018 (2020) DETERMINAN PADA USAHATANI JAMBU BIJI GETAS MERAH (Studi Kasus di Desa Tamanrejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DETERMINAN PADA USAHATANI JAMBU BIJI GETAS MERAH (Studi Kasus di Desa Tamanrejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal)] PDF (DETERMINAN PADA USAHATANI JAMBU BIJI GETAS MERAH (Studi Kasus di Desa Tamanrejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal)) - Published Version
Download (983kB)

Abstract

Kharis, Muhammad Nur. 2020. “Determinan Pada Usahatani Jambu Biji Getas Merah (studi kasus di Desa Tamanrejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal”. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Prof. Dr. Sucihatiningsih DWP, M.Si. Kata Kunci: Produksi, jambu biji getas merah, Luas lahan, Pupuk Kabupaten Kendal merupakan kabupaten penghasil jambu biji getas merah terbesar di Jawa Tengah, terdapat 4 (empat) kecamatan penghasil jambu biji getas merah yaitu Kecamatan sukorejo sebesar 110.000 kuintal , Kecamatan Patean sebesar 20.282 kuintal, Kecamatan Pageruyung sebesar 80.180 kuintal, dan Kecamatan Plantungan sebesar 10.029 kuintal. Pada tahun 2017 produksi jambu biji mengalami penurunan yang signifikan dikarenakan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi produksi adalah kurangnya perawatan bibit pada saat usia pertumbuhan dan terjadi serangan lalat buah. Jumlah luas lahan dalam lima tahun terakhir terjadi fluktuatif. Penggunaan pupuk yang berlebihan dan kurangnya penyeriman terhadap bibit jambu kurang maksimal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer. Populasi pada penelitian ini yaitu petani di Desa Tamanrejo dengan sampel petani berjumlah 95 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah luas lahan (X1), pestisida (X2), tenaga kerja (X3), pupuk (X4), dan produksi jambu biji getas merah (Y). Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan Dari hasil pengujian secara parsial variabel luas lahan dan variabel pestisida berbengaruh positif dan signifikan terhadap hasil produksi Usahatani jambu biji getas merah. Sedangkan variabel pupuk dan tenaga kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap produksi jambu biji getas merah di Desa Tamanrejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Saran penelitian petani diharapkan mampu meningkatkan produksi jambu biji getas merah dengan menambahkan pupuk dan mendatangkan tenaga ahli di bidang pertanian sehingga produksi jambu getas merah bisa meningkat .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Produksi, jambu biji getas merah, Luas lahan, Pupuk
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2021 07:53
Last Modified: 31 Aug 2021 07:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45227

Actions (login required)

View Item View Item