PENGARUH FASILITAS BELAJAR, INTENSITAS BELAJAR DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS/IIS DI SMA SWASTA KOTA SEMARANG
Risma Septi Dwi Haryani, 7101415114 (2020) PENGARUH FASILITAS BELAJAR, INTENSITAS BELAJAR DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS/IIS DI SMA SWASTA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH FASILITAS BELAJAR, INTENSITAS BELAJAR DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS/IIS DI SMA SWASTA KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (4MB) |
Abstract
Haryani, Risma Septi Dwi. 2020. “Pengaruh Fasilitas Belajar, Intensitas Belajar dan Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS/IIS di SMA Swasta Kota Semarang”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : Inaya Sari Melati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Fasilitas Belajar, Intensitas Belajar, Peran Orang Tua, Hasil Belajar Hasil belajar merupakan suatu hasil yang didapatkan melalui pengalaman belajar di kelas dan di luar untuk mengelola informasi yang dijadikan referensi pelajaran dan diujikan melalui tes atau ujian hasil yang diperoleh berupa angka atau huruf yang digunakan sebagai bahan evaluasi untuk guru, siswa dan orang tua. Berdasarkan observasi awal berdasarkan pengalaman praktik lapangan (PPL) disalah satu SMA swasta kota Semarang bahwa ditemukan hasil hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar, intensitas belajar, dan peran orang tua terhadap hasil belajar. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI jurusan IPS/IIS SMA Mardisiswa, SMA Kesatrian 1, SMA Walisongo dengan sampel sejumlah 140 responden terdiri dari 43 siswa SMA Mardisiswa, 84 siswa SMA Kesatrian 1 Semarang dan 13 siswa SMA Walisongo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuesioner), wawancara, dokumentasi, observasi. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis dan analisis deskriptif persentase. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Hasil Belajar (Y) = 40,478 + 0,325 (FB) + 0,011 (IB) - 0,151 (POT) . Hasil penelitian menunjukan pengaruh simultan sebesar 7%, sedangkan secara parsial hasil penelitian menunjukan (1) ada pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar sebesar 6,30% (2) ada pengaruh positif dan tidak signifikan intensitas belajar terhadap hasil belajar 0,0025% (3) ada pengaruh positif dan tidak signifikan peran orang tua terhadap hasil belajar 0,79%. Simpulan penelitian ini adalah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menyediakan fasilitas belajar lengkap dan digunakan oleh siswa, meningkatkan intensitas belajar siswa baik di sekolah maupun di rumah, dan menekankan peran orang tua agar lebih maksimal dalam kebutuhan proses belajar siswa. Saran peneliti yaitu: Bagi guru hendaknya dapat memberikan variasi dalam proses belajar baik media, model maupun metode dalam mengajar agar siswa tidak bosan, tidak mengantuk dan pengubahan metode, model, media akan memberikan kesempatan lebih aktif bertanya dan berkonsentrasi dalam proses belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas Belajar, Intensitas Belajar, Peran Orang Tua, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 07:45 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 07:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45221 |
Actions (login required)
View Item |