Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Reciprocal Teaching Berbantuan Poster untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Melatih Keterampilan Komunikasi Siswa


Hasanatul Jannah, 4001416046 (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Reciprocal Teaching Berbantuan Poster untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Melatih Keterampilan Komunikasi Siswa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Reciprocal Teaching Berbantuan Poster untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Melatih Keterampilan Komunikasi Siswa] PDF (Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Reciprocal Teaching Berbantuan Poster untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Melatih Keterampilan Komunikasi Siswa) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran dengan model reciprocal teaching berrbantuan poster bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan melatih keterampilan komunikasi siswa. Poster digunakan sebagai media dalam berkomunikasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan serta profil pada perangkat pembelajaran model reciprocal teaching berbantuan poster untuk meningkatkan pemahaman konsep dan melatih keterampilan komunikasi peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (RnD) dengan menggunakan model pengembangan Sugiono yang dimodifikasi menjadi lima tahap, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain perangkat pemelajaran, (4) validasi perangkat pembelajaran, (5) revisi perangkat pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari lembar validasi yang dinilai oleh lima validator dan uji coba soal pada 20 siswa. Hasil uji yang diperoleh adalah: persentase silabus sebesar 97,125%; persentase RPP sebesar 89,375%; persentase LKPD sebesar 86,875%. Validasi alat evaluasi dilakukan dengan validasi empiris untuk mengetahui validitas butir soal, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran sehingga didapatkan 20 butir soal yang sesuai. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk perangkat pembelajaran model reciprocal teaching berbantuan poster layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, reciprocal teaching, Poster, Pemahaman Konsep, Keterampilan Komunikasi.
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Aug 2021 07:28
Last Modified: 31 Aug 2021 07:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45213

Actions (login required)

View Item View Item