PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN JENGKAR UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK


Wido Retno Septiani, 4001416041 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN JENGKAR UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN JENGKAR UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN JENGKAR UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui proses penemuan selama pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis dipengaruhi oleh motivasi belajar peserta didik. Hasil observasi menunjukan proses pembelajaran di SMP Negeri 09 Semarang masih didominasi oleh guru sebagai sumber informasi utama sehingga peserta didik masih pasif selama pembelajaran. Media pembelajaran yang tersedia juga belum memfasilitasi peserta didik dalam berpikir kritis. Lingkungan sekolah sudah mendukung adanya variasi kegiatan pembelajaran, salah satunya adalah menggunakan media permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan Jengkar untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan model pengembangan ADDIE yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi analyze, design, development, serta evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 09 Semarang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan ahli media serta angket keterbacaan. Analisis yang dilakukan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk memperoleh data kelayakan dan karakteristik media permainan Jengkar. Kelayakan media permainan Jengkar dinilai oleh ahli materi dan ahli media. Data keterbacaan peserta didik hanya digunakan sebagai data pendukung. Berdasarkan penilaian tersebut media permainan Jengkar dikatakan sangat layak karena telah memenuhi masing-masing aspek penilaian dengan perolehan penilaian rata-rata 88,33% dari ahli materi, 98,33% dari ahli media, dan 88% dari peserta didik. Karakteristik media permainan Jengkar meliputi (1) terdiri dari balok Jenga, kartu, petunjuk permainan, dan deskripsi media, (2) mengandung materi yang kontekstual, (3) dapat menciptakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, (4) dapat meningkatkan ketertarikan peserta didik, (5) praktis digunakan, dan (6) dapat melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Saran yang dapat diberikan yaitu diperlukan adanya kisi-kisi lembar validasi media agar penilaian media dapat lebih rinci, terarah, dan jelas. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu dapat dijadikan referensi mengembangkan media, model, maupun metode pembelajaran menggunakan media permainan Jengkar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Permainan, Jengkar, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Aug 2021 07:25
Last Modified: 31 Aug 2021 07:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45212

Actions (login required)

View Item View Item