PENGEMBANGAN E-MODUL BERPENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) MATERI CAHAYA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII


Karimatus Sindi Liana Putri, 4001416027 (2020) PENGEMBANGAN E-MODUL BERPENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) MATERI CAHAYA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN E-MODUL BERPENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) MATERI CAHAYA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII] PDF (PENGEMBANGAN E-MODUL BERPENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) MATERI CAHAYA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pembelajaran mata pelajaran IPA di SMP Negeri 31 Semarang yang mendasari pengembangan yaitu belum adanya media pembelajaran berupa e-modul yang menggunakan pendekatan konstekstual yaitu Sains Teknologi Masyarakat (STM). Pengembangan e-modul ini dilakukan dengan mengemas e-modul yang mengintegrasikan antara pengetahuan sains, teknologi yang ada, manfaatnya bagi siswa dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan, keterbacaan dan karakteristik e-modul berpendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk siswa SMP Kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengadaptasi pengembangan oleh Sugiyono yang telah dimodifikasi. Langkah-langkah penelitian meliputi identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Validasi desain produk dilakukan oleh 5 orang ahli media dan ahli materi. Instrumen penelitian berupa lembar angket ahli media, ahli materi dan keterbacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan validasi produk yang telah dilakukan oleh ahli media dan ahli materi diperoleh persentase rata-rata sebesar 93,89% dan 96,67%, masing-masing termasuk dalam kategori sangat layak. Rata-rata hasil angket keterbacaan diperoleh 86,25% dan termasuk dalam kategori sangat baik. E-modul berpendekatan STM materi cahaya memiliki karakteristik yaitu (1) media e-modul sesuai dengan pendekatan STM mengacu Anna Poedjaji, dan (2) e-modul dilengkapi video pendukung di dalamnya yang dapat langsung di putar dengan mengklik pada video atau scan barcode. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul berpendekatan STM yang dilengkapi video pendukung di dalamnya sangat layak dan memperoleh kriteria sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran IPA. E-modul ini juga dapat diterapkan dalam pembelajaran materi IPA lainnya. Saran dalam melaksanakan penelitian ini harus memperhatikan materi yang memungkinkan dilakukan pendekatan STM dan selanjutnya bisa diukur untuk uji keefektifannya pada penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-modul, Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM)
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Aug 2021 07:13
Last Modified: 31 Aug 2021 07:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45203

Actions (login required)

View Item View Item