PERBEDAAN KAPASITAS VO2 MAKS ANTARA PEROKOK ELEKTRIK DAN PEROKOK TEMBAKAU


Ajib Akbar, 6211413124 (2020) PERBEDAAN KAPASITAS VO2 MAKS ANTARA PEROKOK ELEKTRIK DAN PEROKOK TEMBAKAU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN KAPASITAS VO2 MAKS ANTARA PEROKOK ELEKTRIK DAN PEROKOK TEMBAKAU] PDF (PERBEDAAN KAPASITAS VO2 MAKS ANTARA PEROKOK ELEKTRIK DAN PEROKOK TEMBAKAU) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Memiliki kebiasaan merokok baik jenis elektrik maupun tembakau, dapat mempengaruhi kondisi fisik individu. Belum diketahuinya tentang perbedaan kapasitas VO2 Maks antara perokok elektrik dan perokok tembakau. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kapasitas VO2 Maks perokok elektrik 2) Untuk mengetahui kapasitas VO2 Maks perokok tembakau 3) Untuk mengetahui perbedaan kapasitas VO2 Maks perokok elektrik dan perokok tembakau Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan menggunakan metode tes survei. Populasi penelitian ini adalah Komunitas Vapor UNNES sebagai populasi perokok elektrik dan penggiat olahraga di sekitar FIK UNNES sebagai populasi perokok tembakau yang berjumlah 44 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang menghasilkan 20 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Sampel penelitian dibagi dalam dua kelompok yaitu: kelompok 1 perokok elektrik (n=10) dan kelompok 2 perokok tembakau (n=10). Instrumen pengambilan data VO2 Maks menggunakan Multistage fitnes tes (MFT). Analisis data menggunakan desriptive presentase dan independent sampel test, dengan SPSS Versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perokok elektrik memiliki rerata VO2 Maks 42,1 ml/kg.bb/menit. Perokok tembakau memiliki rerata VO2 Maks 37,4 ml/kg.bb/menit. Selisih rerata kedua kelompok penelitian sebanyak 4,7 ml/kg.bb/menit. Hasil uji independen sampel test menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok perokok elektrik dan perokok tembakau. Nilai probabilitas perbedaan kedua kelompok adalah 0,04 (<0,05). Simpulan penelitian: terdapat perbedaan kapasitas VO2 Maks antara perokok elektrik dan perokok tembakau. Kapasitas VO2 Maks perokok elektrik lebih baik dibandingkan perokok tembakau. Saran dari penelitian ini adalah rokok elektrik dapat menjadi alternatif untuk berhenti merokok tembakau.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: rokok, tembakau
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:43
Last Modified: 31 Aug 2021 06:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45190

Actions (login required)

View Item View Item