Determinan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK N 2 Magelang


Titin Fitriyani, 7101414058 (2020) Determinan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK N 2 Magelang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Determinan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK N 2 Magelang] PDF (Determinan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK N 2 Magelang) - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Fitriyani, Titin, 2020. “Determinan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK N 2 Magelang”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Kusmuriyanto, M.Si. 260 halaman. Kata kunci: Kesiapan Kerja. Praktik Kerja Industri, Kompetensi Akuntansi, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri. SMK merupakan satuan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didiknya untuk bekerja sesuai dengan bidang keahliannya. Data BPS mencatat sebanyak 1.621.402 lulusan SMK belum mendapatkan pekerjaan sesuai bidang keahlian. Hal ini mengindikasikan kurangnya kesiapan kerja siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji apakah prakerin, kompetensi akuntansi, lingkungan keluarga, dan efikasi diri merupakan determinan dari kesiapan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 106 siswa. Dari populasi tersebut diambil sebanyak 84 sampel dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel dengan alat analisis software SPSS release 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel prakerin, kompetensi akuntansi, dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja. Lingkungan keluarga tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja. Variabel prakerin, kompetensi akuntansi, dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri. Pengaruh positif dan signifikan ditunjukkan oleh variabel kompetensi akuntansi terhadap kesiapan kerja melalui variabel efikasi diri. Pengaruh tidak positif dan signifikan ditunjukkan oleh variabel prakerin dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan kerja melalui variabel efikasi diri. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa efikasi diri memediasi pengaruh kompetensi akuntansi terhadap kesiapan kerja. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah sekolah diharapkan lebih mensinergikan tempat prakerin dengan kurikulum program keahlian akuntansi. Untuk siswa diharapkan lebih meningkatkan kompetensi akuntansi dan efikasi diri karena bisa mendorong kesiapan kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Kerja. Praktik Kerja Industri, Kompetensi Akuntansi, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:16
Last Modified: 31 Aug 2021 06:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45185

Actions (login required)

View Item View Item