ANALISIS MEDIA QUENCHING OLI DAN DROMUS TERHADAP NILAI KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO PADA BAJA EMS-45


Bayu Eka Pratama, 5201413020 (2020) ANALISIS MEDIA QUENCHING OLI DAN DROMUS TERHADAP NILAI KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO PADA BAJA EMS-45. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS MEDIA QUENCHING OLI DAN DROMUS TERHADAP NILAI KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO PADA BAJA EMS-45] PDF (ANALISIS MEDIA QUENCHING OLI DAN DROMUS TERHADAP NILAI KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO PADA BAJA EMS-45) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui berapa nilai kekerasan serta kedudukan struktur mikro pada baja EMS-45 setelah dilakukan proses quenching dengan media pendingin oli dan dromus. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan menggunakan analisis data berupa analisis dektriptif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah proses quenching menggunakan media pendingin oli dan dromus. Variabel teriktnya adalah nilai kekerasan dan kedudukan struktur mikro pada baja EMS-45, serta variabel kontrolnya adalah temperature pada saat pemanasan yaitu 820 derajat celcius dan holding time selama 25 menit. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan grafik yang dideskripsikan berdasarkan analisi yang dilakukan. Analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa proses quenching dengan media pendingin dromus memiliki nilai kekerasan lebih tinggi yaitu 443,6 VHN dibandingkan dengan media pendingin oli yaitu 424,8 VHN. Penggunaan dromus juga menyebabkan material memiliki fasa martensit lebih banyak serta menyebar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Quenching, nilai kekerasan, struktur mikro.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:19
Last Modified: 31 Aug 2021 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45171

Actions (login required)

View Item View Item