PENGARUH PEMAHAMAN WAJIB PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DENGAN KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus UPPD Samsat Kabupaten Semarang)


O’Brian Kevin Andanto, 7101416197 (2020) PENGARUH PEMAHAMAN WAJIB PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DENGAN KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus UPPD Samsat Kabupaten Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMAHAMAN WAJIB PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DENGAN KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus UPPD Samsat Kabupaten Semarang)] PDF (PENGARUH PEMAHAMAN WAJIB PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DENGAN KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus UPPD Samsat Kabupaten Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Andanto, O’Brian Kevin. 2020. Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus UPPD Samsat Kabupaten Semarang). Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Ahmad Nurkhin, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Pemahaman Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak kendaraan bermotor, kesadaran wajib pajak. Kepatuhan wajib pajak adalah suatu tindakan patuh dan sadar terhadap ketertiban pembayaran dan pelaporan kewajiban pajak. Kepatuhan wajib pajak masih rendah karna pemahaman wajib pajak masih rendah, kesulitan dalam pembayaran, menghitung dan pelaporan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman wajib pajak dan sanski pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor dengan kesadaran wajib pajak sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 438,351 wajib pajak di Kabupaten Semarang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik incidental sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 wajib pajak. Alat analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif, evaluasi model pengukuran (Outer Model) dan evaluasi model struktural (Inner Model) Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa pemahaman wajib pajak, sanksi pajak dan kesadaaran wajib pajak dalam kategori baik. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa pemahaman wajib pajak dan sanksi pajak tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Kesadaran wajib pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Pemahaman wajib pajak dan sanksi pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kesadaran wajib pajak. Pemahaman wajib pajak dan saksi pajak tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor melalui kesadaran wajib pajak. Simpulan penelitian ini adalah pemahaman wajib pajak dan sanksi pajak tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Kesadaran wajib pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Pemahaman wajib pajak dan sanksi pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kesadaran wajib pajak. Pemahaman wajib pajak dan saksi pajak tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor melalui kesadaran wajib pajak. Saran dari penelitian ini petugas wajib pajak perlu mengembangkan dan memberikan sosialisasi tentang perpajakan sanksi yang di gunakan disesuaikan dengan kondisi perekonomian negara, memberiakan beberapa fasilitas dan memberikan kemudahan membayar pajak menggunakan ktp dan pajak berbasis online.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak kendaraan bermotor, kesadaran wajib pajak.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2021 03:56
Last Modified: 31 Aug 2021 03:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45167

Actions (login required)

View Item View Item