PENGARUH PROFITABILITAS UKURAN PERUSAHAAN FINANCIAL DISTRESS DAN LEVERAGE TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI


Rica Ismirianti, 7211414016 (2020) PENGARUH PROFITABILITAS UKURAN PERUSAHAAN FINANCIAL DISTRESS DAN LEVERAGE TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PROFITABILITAS UKURAN PERUSAHAAN FINANCIAL DISTRESS DAN LEVERAGE TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI] PDF (PENGARUH PROFITABILITAS UKURAN PERUSAHAAN FINANCIAL DISTRESS DAN LEVERAGE TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ismirianti, Rica. 2020. “Pengaruh Profitabilitas Ukuran Perusahaan Financial Distress Dan Leverage Terhadap Konservatisme Akuntansi”. Skripsi. Jurusan Akuntansi S1. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dhini Suryandari, SE, MSi, Akt, CA Kata Kunci : Konservatisme Akuntansi, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Financial Distress, dan Leverage Konservatisme merupakan salah satu prinsip dalam akuntansi yang memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap penilaian aset perusahaan. Konservatisme merupakan suatu sikap atau tindakan untuk mengantisipasi suatu keadaan yang tidak pasti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengtahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, financial distress dan leverage terhadap konservatisme akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah 144 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2014-2016. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 75 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari laporan keuangan tahunan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS. Hasil pengujian secara simultan menunjukan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan, financial distress dan leverage berpengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Pengujian parsial menunjukan bahwa profitabilitas, financial distress dan leverage berpengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Sementara itu, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah mencoba pengukuran lain terkait konservatisme akuntansi dan menggunakan variabel moderasi, selain itu dapat menggunakan sampel perusahaan yang berbeda selain perusahaan sektor manufaktur guna membandingkan hasil penelitian, dan menambah variabel independen pada penelitian selanjutnya sehingga nilai koefisien determinasi (R2) akan meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konservatisme Akuntansi, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Financial Distress, dan Leverage
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2021 03:43
Last Modified: 31 Aug 2021 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45166

Actions (login required)

View Item View Item