STRATEGI INBOUND MARKETING “BNI TAPCASH” DALAM PERSAINGAN UANG ELEKTRONIK SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN DIGITAL


Retno Purwati, 7101416226 (2020) STRATEGI INBOUND MARKETING “BNI TAPCASH” DALAM PERSAINGAN UANG ELEKTRONIK SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN DIGITAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI INBOUND MARKETING “BNI TAPCASH” DALAM PERSAINGAN UANG ELEKTRONIK SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN DIGITAL] PDF (STRATEGI INBOUND MARKETING “BNI TAPCASH” DALAM PERSAINGAN UANG ELEKTRONIK SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN DIGITAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Purwati Retno, 2020. “Strategi Inbound Marketing “BNI TapCash” dalam Persaingan Uang Elektronik sebagai Alat Pembayaran Digital”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing Inaya Sari Melati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : BNI TapCash, Strategi, Inbound Marketing, Pemasaran. Inbound Marketing merupakan strategi menghubungkan potensi pelanggan melalui materi dan pengalaman yang mereka anggap berguna. Menggunakan media seperti blog dan jejaring sosial, pemasar berharap dapat menyuguhkan dan menginformasikan produk kepada masyarakat melalui konten yang dapat mereka lihat berdasarkan keinginanya sendiri. Bank BNI sendiri merupakan salah satu Bank yang menjalankan sistem inbound marketing untuk memasarkan e-money yang bernama TapCash. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi inbound marketing TapCash melalui email, posting blog, SEO, iklan dan jejaring ssosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis SWOT. Dalam penelitian ini peneliti melakukan kegiatan wawancara tidak langsung hanya memberikan lampiran kepada informan dikarenakan pada saat tersebut perusahaan sedang tidak mengizinkan pihak ketiga masuk. Selain informan dari kepala divisi ada juga informan manager operasional digital, sales BNI serta nasabah BNI dengan mendatangi saat berkunjung di BNI. Hasil penelitian menunjukan strategi inbound marketing yang digunakan oleh Bank Negara Indonesia dalam pemasaran TapCash hanya empat dari lima strategi saja yang sudah dijalankan. Keempat strategi yang sudah dijalankan adalah posting blog, SEO, iklan dan jejaring sosial, sedangkan strategi email belum dilakukan untuk pemasaran TapCash dan berdasarkan analisis SWOT cukup untuk membantu meningkatkan penggunaan kartu TapCash walaupun banyak kelemahan dan ancaman dari luar yang membuat masyrakat lebih memilih menggunakan uang tunai atau debit. Saran yang diberikan dalam meningkatkan pengguna TapCash ialah memperbanyak promo TapCash dibandingkan promo debit/kredit, meningkatkan pelayanan baik fasilitas atau merchant yang tersedia di berbagai tempat perbelanjaan serta memperbanyak hubungan dengan pihak-pihak terkait.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: BNI TapCash, Strategi, Inbound Marketing, Pemasaran.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2021 03:28
Last Modified: 31 Aug 2021 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45164

Actions (login required)

View Item View Item