ANALISIS PENCAPAIAN KOMPETENSI KOGNITIF KIMIA PESERTA DIDIK MATERI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA MELALUI TWO TIER DIGITAL TEST
Lies Lestariningtias, 4301416059 (2020) ANALISIS PENCAPAIAN KOMPETENSI KOGNITIF KIMIA PESERTA DIDIK MATERI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA MELALUI TWO TIER DIGITAL TEST. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (ANALISIS PENCAPAIAN KOMPETENSI KOGNITIF KIMIA PESERTA DIDIK MATERI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA MELALUI TWO TIER DIGITAL TEST)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik merupakan ciri tidak tercapainya kompetensi kognitif. Salah satu cara untuk mengukur pencapaian kompetensi kognitif peserta didik adalah menggunakan two tier test. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil pencapaian kompetensi kognitif kimia peserta didik pada materi redoks dan tata nama senyawa melalui two tier digital test menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 9 Semarang dan SMA I Sultan Agung pada tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan 12 Maret 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 9 Semarang dan SMA I Sultan Agung 1. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, tes, serta angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis model klasik menggunakan Microsoft Excel. Analisis model klasik untuk estimasi validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran butir, dan estimasi reliabilitas soal. Instrumen tes yang digunakan telah teruji validitas isi, validitas butir, dan reliabilitas soal. Terdapat enam indikator kompetensi kognitif yang harus dicapai peserta didik pada materi redoks dan tata nama senyawa yakni: (1) menjelaskan konsep reaksi reduksi dan oksidasi, (2) menentukan perubahan bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion poliatomik, (3) menentukan oksidator, reduktor, dan hasil reduksi dalam suatu reaksi redoks, (4) menentukan reaksi disproporsionasi dan konproporsionasi serta suatu zat yang bertindak sebagai oksidator dan reduktor sekaligus, (5) mendeskripsikan konsep redoks dalam kehidupan sehari-hari, dan (6) menuliskan nama IUPAC dari suatu senyawa. Kompetensi dasar materi redoks dan tata nama senyawa di kelas X belum dapat dicapai oleh peserta didik. Hasil penelitian pada kedua sekolah menunjukkan tingkat pencapaian kompetensi kognitif yang termasuk dalam kategori kurang. Dengan persentase rata-rata pada kelas X SMAN 9 Semarang sebesar 51,17% sedangkan pada kelas X SMA 1 Sultan Agung 1 sebesar 45,67%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | indikator pencapaian kompetensi, kompetensi kognitif, two tier digital test, redoks dan tata nama senyawa. |
Subjects: | L Education > Special Education > Chemistry Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 03:13 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 03:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45160 |
Actions (login required)
View Item |