PENGEMBANGAN MODUL ZAT ADITIF BERMUATAN ETNOSAINS BERBANTUAN STUDY CARD UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA


Syah Ridlo Ilhami, 4001414041 (2021) PENGEMBANGAN MODUL ZAT ADITIF BERMUATAN ETNOSAINS BERBANTUAN STUDY CARD UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL ZAT ADITIF BERMUATAN ETNOSAINS BERBANTUAN STUDY CARD UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA] PDF (PENGEMBANGAN MODUL ZAT ADITIF BERMUATAN ETNOSAINS BERBANTUAN STUDY CARD UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kefeektifan bahan ajar modul zat aditif bermuatan etnosains pada bahan makanan tradisional. Kemudian penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik modul zat aditif bermuatan etnosains pada bahan makanan tradisional. Modul yang dikembangkan merupakan produk yang mengintegrasikan konsep keilmuan dengan makanan tradisional di Kabupaten Kudus dan sekitarnya, agar siswa dapat mengerti budaya sekitar secara ilmiah. Penelitian ini menggunakan model Research and Development. Analisis potensi dan masalah diambil dari minimnya sumber belajar yang mengaitkan budaya sekitar (etnosains) di Sekolah Menengah Pertama. Ahli materi, ahli media dan ahli bahasa memvalidasi modul zat aditif. Rata-rata hasil validasi ahli materi, media dan bahasa masing-masing 39, 30 dan 41,3 dengan kriteria sangat baik. Kefeektifan modul diukur melalui pretest dan posttest kemudian dihitung peningkatannya dengan N-gain dan signifikansi melalui uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap aspek literasi sains mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain sebesar 0,45. Peningkatan tersebut signifikan dalam hal skor ttest. Analisis deskriptif karakteristik modul zat aditif yang dikembangkan diperoleh dari hasil observasi dari modul sebelumnya yang kemudian dikembangkan menggunakan unsur etnosains pada makanan tradisional Kudus dan sekitarnya. Kesimpulannya, media pembelajaran modul zat aditif bermuatan etnosains dapat meningkatkan literasi sains siswa. Karakteristik modul IPA bermuatan etnosains dapat dilihat dari cover, Petunjuk Modul, susunan bahasa, desain modul, konten dalam modul dan soal latihan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul Zat Aditif, Etnosains, Study Card, Kemampuan Literasi Sains.
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:23
Last Modified: 31 Aug 2021 06:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45159

Actions (login required)

View Item View Item