PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, NILAI PASAR TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN TRADING VOLUME SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Ratna Purnasari, 7211416204 (2020) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, NILAI PASAR TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN TRADING VOLUME SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, NILAI PASAR TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN TRADING VOLUME SEBAGAI VARIABEL MODERATING] PDF (PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, NILAI PASAR TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN TRADING VOLUME SEBAGAI VARIABEL MODERATING) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Purnasari, Ratna. 2020. “Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Nilai pasar terhadap Return Saham dengan Trading Volume sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 Periode 2016-2018)”. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Muhammad Khafid., S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Trading Volume; Profitabilitas; Leverage; Nilai Pasar; Return Saham Return saham merupakan keuntungan yang peroleh dari hasil kegiatan investasi yang dilakukan oleh investor. Return saham menjadi penting bagi investor ditengah ketidakpastian ekonomi yang membuat IHSG terus mengalami penurunan hingga 24,24% dalam satu tahun terakhir. Return saham yang mengalami penurunan tajam bahkan dengan nilai penurunan IHSG tertinggi selama 10 tahun terakhir juga menjadi penting bagi perusahaan untuk terjaganya citra baik dengan memperhatikan performa fundamental perusahaan. Fundamental perusahaan disertai dengan trading volume diduga memberikan pengaruh terhadap return saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh fundamental perusahaan terhadap return saham serta peran trading volume dalam memoderasi hubungan tersebut. Fundamental perusahaan dijelaskan dengan profitabilitas, leverage, dan nilai pasar. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk dalam indeks LQ45 periode 2016-2018. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan hasil diperoleh sebanyak 159 unit analisis. Teknik analisis yang digunakan adalah uji selisih nilai mutlak. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan program SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan nilai pasar berpengaruh positif signifikan terhadap return saham. Leverage tidak berpengaruh terhadap return saham. Trading volume memoderasi hubungan antara profitabilitas dengan return saham. Namun, trading volume tidak dapat memoderasi hubungan antara leverage dan nilai pasar terhadap return saham. Saran untuk penelitian selanjutnya untuk dapat mempertimbangkan rasio aktivitas dan kondisi makroekonomi untuk mengetahui pengaruh return saham. Investor sebaiknya mempertimbangkan profitabilitas dan nilai pasar dalam mengambil keputusan investasi. Pemerintah sebaiknya mengeluarkan kebijakan tertentu ditengah ketidakpastian ekonomi guna menjaga stabilitas pergerakan harga saham di bursa. Perusahaan sebaiknya menjaga performa fundamental perusahaan terutama profitabilitas dan nilai pasar karena dapat meningkatkan return saham.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Trading Volume; Profitabilitas; Leverage; Nilai Pasar; Return Saham
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2021 03:11
Last Modified: 31 Aug 2021 03:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45158

Actions (login required)

View Item View Item