MODEL PEMBIMBINGAN KONFERENSI 3-2-1 BERBANTUAN VIDEO-STIMULATED RECALL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL CALON GURU FISIKA


Elfiana Fitria, 4201413081 (2020) MODEL PEMBIMBINGAN KONFERENSI 3-2-1 BERBANTUAN VIDEO-STIMULATED RECALL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL CALON GURU FISIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBIMBINGAN KONFERENSI 3-2-1 BERBANTUAN VIDEO-STIMULATED RECALL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL CALON GURU FISIKA] PDF (MODEL PEMBIMBINGAN KONFERENSI 3-2-1 BERBANTUAN VIDEO-STIMULATED RECALL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL CALON GURU FISIKA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi model pembimbingan Konferensi 3-2-1 (K 3-2-1) berbantuan Video-stimulated recall (VSR) dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidik, yang dalam penelitian ini adalah calon guru fisika ketika melaksanakan praktik mengajar. Pendidikan keguruan melalui pre-service training di LPTK memberikan bekal kepada pendidik untuk dapat menguasai dan menyampaikan materi pembelajaran dengan baik kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai implementasi model pembimbingan K 3-2-1 berbantuan VSR dalam peningkatan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional calon guru fisika. Jenis penelitian ini adalah single subject research berpola action research. Single subject research menggunakan desain A-B serta action research menggunakan desain Kemmis dan Taggart yang terdiri atas perencanaan (planning), pelaksanaan (acting) dan observasi (observation), serta refleksi (reflection). Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Model pembimbingan K 3-2-1 berbantuan VSR dilaksanakan pada dua kondisi yakni kondisi baseline dan intervensi, yang terdiri atas satu hingga dua siklus dan tiga hingga empat siklus. Pelaksanaan pembimbingan K 3-2-1 meliputi pemaparan tiga aspek kelebihan, dua aspek kekurangan, serta satu saran/masukan yang membangun mengenai kegiatan praktik mengajar calon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional calon guru fisika setelah diberi pembimbingan K 3-2-1 berbantuan VSR. Praktikan memberikan respons yang sangat positif terhadap penerapan model pembimbingan K 3-2-1 berbantuan VSR, dengan persentase skor sebesar 91,18%. Simpulan yang diperoleh pada penelitian ini adalah model pembimbingan K 3-2-1 berbantuan VSR dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional mahasiswa calon guru fisika serta mahasiswa merasa sangat terbantu dengan model pembimbingan K 3-2-1.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembimbingan Konferensi 3-2-1, Video-stimulated recall, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Aug 2021 03:06
Last Modified: 31 Aug 2021 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45157

Actions (login required)

View Item View Item