PENGEMBANGAN LKPD PADA MATERI HIDROLISIS GARAM BERMUATAN ETNOSAINS GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK


Jafrinta Irma Ruta Astari, 4301416095 (2020) PENGEMBANGAN LKPD PADA MATERI HIDROLISIS GARAM BERMUATAN ETNOSAINS GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LKPD PADA MATERI HIDROLISIS GARAM BERMUATAN ETNOSAINS GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK] PDF (PENGEMBANGAN LKPD PADA MATERI HIDROLISIS GARAM BERMUATAN ETNOSAINS GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Hasil observasi dengan guru kimia di SMA Kesatrian 1 Semarang bahwa sumber belajar kimia berasal dari buku paket kimia yang tersedia di perpustakaan dan LKPD. LKPD yang digunakan berasal dari penerbit dan belum bermuatan etnosains, biasanya berisi ringkasan materi, soal, remedial dan pengayaan. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang beredar di sekolah masih kurang dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bermuatan Etnosains pada materi Hidrolisis Garam yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode Penelitian ini mengikuti penelitian pengembangan model 4-D dengan desains 4 tahap, yaitu: tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate). Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Kesatrian 1 Semarang pada bulan februari sampai maret 2020. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kajian pustaka, observasi, angket, dan tes, untuk subjek uji yaitu peserta didik Kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang. Teknik analisis data kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dilakukan dengan validasi ahli media, ahli materi dan angket tanggapan peserta didik. Keefektifan peningkatan kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan uji N-Gain pada tahap implementasi dan analisis tanggapan peserta didik dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk LKPD bermuatan Etnosains pada materi Hidrolisis Garam layak digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli media sebesar 4,64 dan ahli materi sebesar 4,39 dengan kategori sangat baik, (2) memperoleh respons positif dari peserta didik sebesar 64,80% menyatakan bahwa LKPD bermuatan Etnosains layak digunakan dengan kategori baik, dan (3) mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan rata-rata N-gain sebesar 26,48%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKPD; etnosains; kemampuan berpikir kritis.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Aug 2021 02:51
Last Modified: 31 Aug 2021 02:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45148

Actions (login required)

View Item View Item