PERBEDAAN STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2018)


DENA APRILIA YOLANDA TOBING, 7311416094 (2020) PERBEDAAN STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2018)] PDF (PERBEDAAN STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tobing, Dena Aprilia Yolanda. 2020. “Perbedaan Struktur Kepemilikan dan Struktur Modal Perusahaan Non-keuangan Di Indonesia: Studi Kasus pada Perusahaan Non-keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018”. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Arief Yulianto, S.E., M.M. Kata kunci: Struktur Modal, Struktur Kepemilikan, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Asing Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisa perbedaan rerata struktur modal perusahaan yang memiliki tingkat kepemilikan manajerial, kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Asing pada perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2018. Penelian mengenai kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan kepemilikan asing terhadap struktur modal sudah banyak diteliti di Indonesia, tetapi adanya inkonsistensi hasil dari beberapa penelitian terdahulu dan adanya gap antara teori dengan yang terjadi dalam penelitian ini sehingga menarik untuk diteliti. Proporsi kepemilikan saham dalam struktur modal masih kurang dipertimbangkan dalam keputusan keuangan perusahaan di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Asing sebagai variabel independen dan Struktur Modal sebagai variabel dependen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode probability sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 3784. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis non-parametrik, kruskal-wallis. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai Sig. sebesar 0,436825 yang berarti Ho diterima. Perusahaan dengan tingkat kepemilikan manajerial, institusional dan asing yang tinggi cenderung memiliki struktur modal yang tinggi dan sebaliknya. Perusahaan dengan struktur kepemilikan manajerial, institusional, dan asing yang tinggi memiliki potensi masalah keagenan karena sifat opportunisme yang melekat dari pemilik saham, sehinga perusahaan memilih meningkatkan utang sebagai alat monitoring perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kepemilikan Manajerial, institusional dan asing yang berbeda memberikan rerata struktur modal yang sama. Saran bagi pihak perusahaan perlu mempertimbangan struktur modal perusahaan. Bagi kreditur dan investor bersifat selektif dalam pemberian pinjaman dan investasi perusahaan. Sedangkan bagi peneliti, penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi tambahan dalam melakukan penelitian dengan meneliti seluruh sektor yang terdaftar di BEI dan mebandingkan perbedaan setiap sektor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Struktur Kepemilikan, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Asing
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2021 02:49
Last Modified: 31 Aug 2021 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45145

Actions (login required)

View Item View Item