EMOSI POSITIF SEBAGAI MEDIASI PENGARUH MOTIVASI HEDONIS, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Studi Pada Mahasiswa UNNES Pengguna Shopee)


Pandan Wangi Galuh Dewanti, 7101416250 (2020) EMOSI POSITIF SEBAGAI MEDIASI PENGARUH MOTIVASI HEDONIS, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Studi Pada Mahasiswa UNNES Pengguna Shopee). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EMOSI POSITIF SEBAGAI MEDIASI PENGARUH MOTIVASI HEDONIS, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Studi Pada Mahasiswa UNNES Pengguna Shopee)] PDF (EMOSI POSITIF SEBAGAI MEDIASI PENGARUH MOTIVASI HEDONIS, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Studi Pada Mahasiswa UNNES Pengguna Shopee)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Galuh, Pandan Wangi, 2020.”Emosi Positif Sebagai Mediasi Pengaruh Motivasi Hedonis, Harga, Dan Promosi Terhadap Pembelian Impulsif (Studi pada mahasiswa UNNES pengguna Shopee)”. Skripsi.Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : Ahmad Nurkhin, S.Pd.,M.Si Kata Kunci : Emosi Positif, Motivasi Hedonis, Harga, Promosi, Pembelian Impulsif Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelian tak terencana pada mahasiswa saat berbelanja. Mahasiswa lebih tertarik dalam melakukan pembelian tak terencana dibanding pembelian terencana, sehingga pelaku bisnis membutuhkan strategi seperti promosi, penentuan harga dan membangun motivasi belanja hedonis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi hedonis, harga, dan promosi terhadap pembelian impulsif melalui emosi positif. Populasi dari penelitian ini yaitu mahasiswa UNNES yang melakukan pembelanjaan di Shopee dengan jumlah sampel 392 responden, dengan menggunakan metode pengambilan sampel melalui teknik simple random sampling. Dimana variabel yang digunakan yaitu motivasi hedonis, harga, promosi, dan emosi positif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dianalisis dengan path analysis dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan motivasi hedonis dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif, sedangkan harga dan emosi positif tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Hasil uji path analysis menunjukkan motivasi hedonis, harga, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif melalui emosi positif. Simpulan dari penelitian ini adalah motivasi hedonis dan promosi mampu meningkatkan pembelian impulsif dan emosi positif mampu memediasi pengaruh motivasi hedonis, harga, promosi terhadap pembelian impulsif. Saran bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk, promosi dan up to date terhadap produk yang dijual. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti jenis ritel lain serta dapat menambah variabel dan atau indikator baru sehingga mampu menjawab keterbatasan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Emosi Positif, Motivasi Hedonis, Harga, Promosi, Pembelian Impulsif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2021 02:39
Last Modified: 31 Aug 2021 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45141

Actions (login required)

View Item View Item