PENDIDIKAN KARAKTER KERJASAMA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU SABAH MALAYSIA


Sri Rejeki Setiyorini, 4401416090 (2020) PENDIDIKAN KARAKTER KERJASAMA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU SABAH MALAYSIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENDIDIKAN KARAKTER KERJASAMA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI  DI SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU  SABAH MALAYSIA] PDF (PENDIDIKAN KARAKTER KERJASAMA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU SABAH MALAYSIA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menjelaskan tujuan pendidikan tidak hanya mencerdaskan siswa tetapi juga membentuk watak atau karakter siswa. Pendidikan karakter sangat penting dilaksanakan di sekolah sebagai perwujudan penerapan UU RI No 20 Tahun 2003, sekolah adalah tempat untuk menuntut ilmu dan pembentukan karakter bagi siswa. Pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam mata pelajaran biologi. Salah satu contoh pendidikan karakter adalah kerjasama, pendidikan karakter kerjasama merupakan salah satu nilai-nilai dasar Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Sabah Malaysia. Tujuan dari penelitian ini adalah menilai pendidikan karakter kerjasama dalam pembelajaran biologi di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Sabah Malaysia. Dengan demikian fokus penelitian ini ialah (1) penerapan pendidikan karakter di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Sabah Malaysia; (2) implementasi nilai-nilai dasar di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Sabah Malaysia; (3) implementasi pendidikan karakter kerjasama dalam pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas. Penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik triangulasi data. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X-MIA Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Sabah Malaysia. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data wawancara menggunakan 6 sampel yaitu 2 siswa kelas X-MIA, guru biologi, Wakasek Kesiswaan, Wakasek Kurikulum, dan Kepala Sekolah. Data observasi dilakukan dengan menggunakan pedoman observasi berupa check list dan pengamatan proses pembelajaran pendidikan karakter kerjasama siswa di dalam kelas dan di luar pembelajaran kelas. Data dokumentasi menggunakan RPP dengan menganalisis pendidikan karakter kerjasama di dalam RPP. Pendidikan Karakter Kerjasama Dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Sabah Malaysia diimplementasikan dengan baik oleh sekolah kepada siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan partisipasi siswa yang baik selama proses pembelajaran biologi yang berlangsung di kelas maupun di luar pembelajaran kelas. Hal ini dapat telihat dari data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi yang telah dilakukan. Pendidikan karakter kerjasama merupakan salah satu nilai-nilai dasar dari Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Sabah Malaysia yang terdiri dari santun, integritas, kerjasama, keunggulan. Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Sabah Malaysia mempunyai nilai-nilai dasar yang merupakan landasan sekolah dengan harapan nilai-nilai tersebut dapat dilaksanakan oleh semua warga sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: karakter kerjasama, pembelajaran biologi, pendidikan karakter.
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Aug 2021 02:09
Last Modified: 31 Aug 2021 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45134

Actions (login required)

View Item View Item