PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN LEVERAGE TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN KOMISARIS INDEPENDEN DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING
Nur Firdayanti, 7211416001 (2020) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN LEVERAGE TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN KOMISARIS INDEPENDEN DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN LEVERAGE TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN KOMISARIS INDEPENDEN DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Firdayanti, Nur. 2020. “Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Leverage Terhadap Agresivitas Pajak dengan Komisaris Independen dan Kepemilikan Institusional sebagai Variabel Moderating”. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pebimbing Kiswanto, S.E., M.Si., CMA., CIBA., CERA. Kata kunci : Corporate Social Responsibility, Leverage, Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional dan Agresivitas Pajak Agresivitas pajak merupakan usaha perusahaan untuk meminimalkan beban pajak melalui perencanaan pajak dengan memaksimalkan laba perusahaan. Tindakan agresivitas pajak tidak selalu berawal dari perilaku ketidakpatuhan akan aturan perpajakan, tetapi juga dari penghematan pajak yang dilakukan sesuai dengan peraturan. Tindakan agresivitas pajak yang dilakukan perusahaan akan menyebabkan kerugian bagi negara karena pemerintah kehilangan potensi penerimaan dari sektor pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility dan leverage terhadap agresivitas pajak dengan komisaris independen dan kepemilikan institusional sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini adalah perusahaan properti, real esatate dan konstruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015-2018. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 82 perusahaan properti, real esatate dan konstruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan tujuan untuk mendapatkan data yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh peneliti. Sebanyak 27 perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian dengan periode penelitian selama 4 tahun serta terdapat 39 data outlier sehingga total unit analisis dalam penelitian ini adalah 69. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Leverage memiliki pengaruh positif terhadap agresivitas pajak. Variabel kepemilikan institusional dapat memoderasi pengaruh leverage serta corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak. Sedangkan variabel komisaris independen tidak dapat memoderasi pengaruh corporate social responsibility dan leverage terhadap agresivitas pajak. Penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa berapapun biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk kegiatan corporate social responsibility tidak akan mempengaruhi tindakan agresivitas pajaknya. Perusahaan yang memiliki rasio utang yang besar lebih agresif terhadap pajak karena mengandalkan beban bunga yang merupakan beban yang dapat dikurangkan pada peraturan perpajakan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Responsibility, Leverage, Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional dan Agresivitas Pajak |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1 |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 01:46 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 01:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45125 |
Actions (login required)
View Item |