ANALISIS LITERASI SAINS MAHASISWA PADA MATA KULIAH MIKROBIOLOGI DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Brasti Nurhidayah, 4401416012 (2020) ANALISIS LITERASI SAINS MAHASISWA PADA MATA KULIAH MIKROBIOLOGI DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS LITERASI SAINS MAHASISWA  PADA MATA KULIAH MIKROBIOLOGI  DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (ANALISIS LITERASI SAINS MAHASISWA PADA MATA KULIAH MIKROBIOLOGI DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Abad ke-21 ditandai oleh pesatnya perkembangan sains dan teknologi terutama teknologi informasi dan komunikasi. Literasi sains salah satu kemampuan yang dibutuhkan di era literasi digital, di mana pemahaman tentang konsep serta proses sains diperlukan seseorang untuk pengambilan sebuah keputusan dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu sains mikrobiologi dekat dengan permasalahan seharihari dan menjadi salah satu kajian yang mendasari perkembangan sains dan teknologi. Tujuan dari penelitian mendeskripsikan kemampuan tingkat literasi sains mahasiswa pada mata kuliah mikrobiologi di Universitas Negeri Semarang aspek pengetahuan, konteks dan kompetensi serta mendeskripsikan cara memperbaiki kemampuan literasi sains mahasiswa. Metode Penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif teknik survei. Responden penelitian sebanyak 178 Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang yang sedang menempuh mata kuliah mikrobiologi semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen literasi sains berupa soal pilihan ganda berjumlah 45 butir soal yang dikembangkan seperti kerangka asesmen PISA 2018 dengan data pendukung observasi dan angket respon mahasiswa. Hasil penelitian literasi sains mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang pada Mata Kuliah Mikrobiologi semester genap tahun ajaran 2019/2020 yang mendasari kerangka literasi sains PISA 2018 yang mengakomodasi aspek pengetahuan, konteks dan kompetensi secara gabungan, menampakkan rata-rata tingkat kategori cukup, yaitu sebesar 70,25%. Memperbaiki kemampuan literasi sains mahasiswa dengan cara mengembangkan Rencana Perkuliahan Semester (RPS) dan implementasinya serta mendorong keikutsertaan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ilmiah terkait bidang mikrobiologi/bioteknologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: literasi sains, mata kuliah mikrobiologi, pengetahuan, konteks dan kompetensi
Subjects: Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Aug 2021 01:27
Last Modified: 31 Aug 2021 01:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45120

Actions (login required)

View Item View Item