Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Gaya Kepemimpinan yang Memberdayakan pada Perilaku Kerja Inovatif dengan Pemberdayaan Psikologis sebagai Variabel Pemediasi (Studi pada Dosen Universitas Negeri Semarang)


Sobirun, 7311416057 (2020) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Gaya Kepemimpinan yang Memberdayakan pada Perilaku Kerja Inovatif dengan Pemberdayaan Psikologis sebagai Variabel Pemediasi (Studi pada Dosen Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Gaya Kepemimpinan yang Memberdayakan pada Perilaku Kerja Inovatif dengan Pemberdayaan Psikologis sebagai Variabel Pemediasi (Studi pada Dosen Universitas Negeri Semarang)] PDF (Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Gaya Kepemimpinan yang Memberdayakan pada Perilaku Kerja Inovatif dengan Pemberdayaan Psikologis sebagai Variabel Pemediasi (Studi pada Dosen Universitas Negeri Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian mengenai perilaku kerja inovatif menjadi sesuatu yang menarik dikalangan universitas. Banyak universitas menerapkan berbagai program dalam upaya mendukung tercapainya perilaku kerja inovatif. Namun, masih banyak dosen yang merasa kesulitan dalam menerapkan perilaku kerja inovatif di tempat kerja. Beberapa faktor anteseden yang dapat membantu tercapainya perilaku kerja inovatif yaitu kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan yang memberdayakan. Tujuan penelitian ini yaitu menguji pengaruh kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan yang memberdayakan pada perilaku kerja inovatif melalui pemberdayaan psikologi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode populasi berupa dosen Universitas Negeri Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan teknik multi-stage sampling yang disesuaikan dengan metode Structural Equation Model (SEM), sehingga jumlah sampel diperoleh sebanyak 125 responden. Metode analisis data menggunakan analisis outer model dan inner model melalui aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh positif pada perilaku kerja inovatif. Namun, terdapat pengaruh yang negatif antara kepemimpinan transformasional dengan perilaku kerja inovatif melalui pemberdayaan psikologi. Sedangkan, gaya kepemimpinan yang memberdayakan juga memiliki pengaruh yang positif pada perilaku kerja inovatif. Gaya kepemimpinan yang memberdayakan dengan perilaku kerja inovatif melalui pemberdayaan psikologi memiliki pengaruh yang positif. Simpulan dari penelitian ini yaitu kepemimpinan transformasional dapat meningkatkan perilaku kerja inovatif secara langsung, namun melalui peran mediasi yakni pemberdayaan psikologi memiliki pengaruh negatif. Sedangkan, gaya kepemimpinan yang memberdayakan dapat meningkatkan perilaku kerja inovatif baik secara langsung maupun melalui peran mediasi yakni pemberdayaan psikologi. Saran untuk universitas adalah meningkatkan kepemimpinan transformasional melalui pemberdayaan psikologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Gaya Kepemimpinan yang Memberdayakan, Pemberdayaan Psikologi, Perilaku Kerja Inovatif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2021 01:32
Last Modified: 31 Aug 2021 01:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45119

Actions (login required)

View Item View Item