PENGEMBANGAN LKPD BERPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 03 CILACAP


Mila Nur Syarifah, 4401416010 (2020) PENGEMBANGAN LKPD BERPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 03 CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LKPD BERPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN  UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK  DI MAN 03 CILACAP] PDF (PENGEMBANGAN LKPD BERPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 03 CILACAP) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Inovasi LKPD merupakan salah satu alternatif dalam melengkapi bahan ajar pada pembelajaran kurikulum 2013. Proses pembelajaran akan lebih bermakna jika LKPD yang digunakan mengangkat materi yang bersifat kontekstual. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kelayakan dan kepraktisan LKPD berpendekatan CTL pada materi perubahan lingkungan sebagai salah satu bahan ajar dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (RnD) oleh Sugiyono (2015) yang telah dimodifikasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar angket keterbacaan LKPD oleh peserta didik, lembar angket kepraktisan oleh guru dan peserta didik, serta pedoman wawancara. Validitas materi memperoleh skor sebesar 82,14% dengan kriteria sangat layak dan menunjukan kesesuaian antara materi yang disajikan dengan pendekatan CTL. Validitas media memperoleh skor 94,6% dengan kriteria sangat layak dan menunjukan kesesuaian aspek kegrafikan serta bahasa. Hasil uji keterbacaan oleh peserta didik menunjukan skor sebesar 75,2% dengan kriteria layak. Hasil penilaian kepraktisan LKPD oleh guru mencapai skor 95,83% dengan kriteria sangat praktis dan oleh peserta didik mencapai skor 76,23% dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berpendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dikembangkan sangat layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan CTL, Perubahan Lingkungan, Kelayakan dan Kepraktisan
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Aug 2021 01:23
Last Modified: 31 Aug 2021 01:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45118

Actions (login required)

View Item View Item