PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR SISTEM RESPIRASI BERBASIS RISET UNTUK MENINGKATKAN SIKAP MENOLAK SHISHA


Shinta Dwi Karina, 4401416002 (2020) PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR SISTEM RESPIRASI BERBASIS RISET UNTUK MENINGKATKAN SIKAP MENOLAK SHISHA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR SISTEM RESPIRASI BERBASIS RISET UNTUK MENINGKATKAN SIKAP MENOLAK SHISHA] PDF (PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR SISTEM RESPIRASI BERBASIS RISET UNTUK MENINGKATKAN SIKAP MENOLAK SHISHA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan suplemen bahan ajar disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan melengkapi bahan ajar yang sudah ada. Berdasarkan KD 3.8 kelas XI kurikulum 2013 materi sistem respirasi, pembelajaran dimulai dengan analisis dari fakta-fakta. Fakta dari riset terkini yang disajikan di buku masih terbatas. Sehingga diperlukan suplemen bahan ajar berbasis riset. Suplemen bahan ajar di kembangan dengan mengintegrasikan fakta hasil riset yaitu terkait paparan asap shisha terhadap sistem respirasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan suplemen bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang mengacu pada langkah-langkah Sugiyono (2015) yang telah dimodifikasi. Adapun tahapan dalam penelitian ini yaitu identifikasi potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk Validasi produk dilakukan oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media. Uji coba produk dilakukan dengan mengumpulkan data respon guru dan peserta didik terhadap suplemen bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan suplemen bahan ajar sangat valid menurut ahli materi dengan persentase 84,68 % dan sangat valid menurut ahli media dengan persentase 98,08 %. Tingkat kepraktisan suplemen bahan ajar oleh guru dinilai sangat praktis dengan persentase 85 % dan sangat praktis menurut peserta didik dengan persentase 83,81 %. Tingkat keefektifan suplemen bahan ajar berdasarkan angket sikap menolak shisha sebelum dan sesudah diberi suplemen bahan ajar terjadi peningkatan sangat tinggi menolak shisha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Suplemen bahan ajar, shisha, sistem respirasi, sikap menolak
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Aug 2021 01:18
Last Modified: 31 Aug 2021 01:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45117

Actions (login required)

View Item View Item