DETERMINAN KUANTITAS ENVIRONMENTAL DISCLOSURE DI THAILAND (Studi Empiris pada Perusahaan yang terdaftar di SET100 Tahun 2018)


Suci Sularsih, 7211416023 (2020) DETERMINAN KUANTITAS ENVIRONMENTAL DISCLOSURE DI THAILAND (Studi Empiris pada Perusahaan yang terdaftar di SET100 Tahun 2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DETERMINAN KUANTITAS ENVIRONMENTAL DISCLOSURE DI THAILAND (Studi Empiris pada Perusahaan yang terdaftar di SET100 Tahun 2018)] PDF (DETERMINAN KUANTITAS ENVIRONMENTAL DISCLOSURE DI THAILAND (Studi Empiris pada Perusahaan yang terdaftar di SET100 Tahun 2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Environmental disclosure merupakan pengungkapan informasi lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan kepada masyarakat untuk menunjukkan seberapa banyak dampak dari kegiatan operasional perusahaan terhadap lingkungan. Hal ini merupakan salah satu cara perusahaan dalam menghargai sumber daya alam yang tersedia, sebagai salah satu wujud tanggungjawab perusahaan terhadap para stakeholder. Pengungkapan ini memberikan informasi yang membantu stakeholders dalam hal pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap environmental disclosure diantaranya umur perusahaan, ukuran perusahaan, tipe industri, environmental management system, corporate governance mechanism, dan profitabilitas, dengan leverage sebagai variabel kontrol. Penelitian ini juga mengukur kuantitas environmental disclosure dengan menggunakan content analysis. Populasi penelitian ini yaitu perusahaan yang terdaftar pada Stock Exchange of Thailand (SET) pada tahun 2018. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu dengan memilih perusahaan yang masuk ke dalam daftar 100 perusahaan dengan kapitalisasi pasar tertinggi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda untuk megetahui pengaruh variabel independen terhadap environmental disclosure. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa umur perusahaan, ukuran perusahaan, tipe industri, dan environmental management system berpengaruh signifikan secara positif terhadap environmental disclosure. Sedangkan variabel corporate governance mechanism dan profitabilitas terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap environmental disclosure. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah penggunaan variabel independen lain diluar model yang lebih variatif serta penggunaan proksi lainnya untuk mengukur variabel penelitian. Peran serta pemerintah dalam mengatur regulasi dan memberikan pendampingan terhadap perusahaan juga sangat diperlukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Corporate Governance Mechanism, Environmental Disclosure, Environmental Mangement System, Profitabilitas, Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2021 01:19
Last Modified: 31 Aug 2021 01:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45114

Actions (login required)

View Item View Item