HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PERJALANAN MAHASISWA DENGAN POLA PEMILIHAN MODA DI UIN WALISONGO SEMARANG


Nuha Fairuz Arwa, 5113416031 (2020) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PERJALANAN MAHASISWA DENGAN POLA PEMILIHAN MODA DI UIN WALISONGO SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PERJALANAN MAHASISWA DENGAN POLA PEMILIHAN MODA DI UIN WALISONGO SEMARANG] PDF (HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PERJALANAN MAHASISWA DENGAN POLA PEMILIHAN MODA DI UIN WALISONGO SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pergerakan mahasiswa yang dilakukan setiap hari pada jam-jam kuliah membutuhkan suatu moda transportasi sebagai sarana untuk bergerak. Pemilihan moda transportasi dibagi menjadi dua, yaitu moda transportasi umum dan pribadi. Berdasarkan faktor yang mempengaruhi pemilihan moda, karakteristik perjalanan mahasiswa seperti jenis kelamin, kepemilikan kendaraan, alasan ketersediaan, dan lain-lain kemudian dianalisis untuk mengetahui hubungannya dengan model pemilihan moda transportasi dan probabilitas dipilihnya transportasi umum dan kendaraan pribadi. Dalam penelitian ini, data yang digunakan terdiri dari data primer yang didapatkan melalui survei kuisioner kepada mahasiswa aktif UIN Walisongo yang penyebarannya dilakukan secara online, dan data sekunder merupakan populasi mahasiswa UIN Walisongo pada tahun 2019/2020. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik biner dengan variabel terikat yaitu transportasi umum dan kendaraan pribadi, dan variabel bebas yaitu jenis kelamin, kepemilikan kendaraan, alasan ketersediaan dan lain-lain yang merupakan karakteristik perjalanan mahasiswa. Dari hasil analisis regresi logistik biner, didapatkan karakteristik perjalanan mahasiswa yang signifikan mempengaruhi pemilihan moda di UIN Walisongo Semarang yaitu jenis kelamin, kepemilikan kendaraan, dan alasan ketersediaan. Mahasiswa laki-laki akan cenderung memilih kendaraan pribadi, sedangkan mahasiswa perempuan akan cenderung memilih angkutan umum. Mahasiswa yang memiliki kendaraan akan cenderung memilih kendaraan pribadi, dan sebaliknya. Mahasiswa yang memilih alasan ketersediaan cenderung menggunakan angkutan umum, dan sebaliknya. Probabilitas pemilihan moda berdasarkan skenario 2 dengan karakteristik mahasiswa adalah perempuan, tidak memiliki kendaraan, dan memilih alasan ketersediaan adalah sebesar 96,21% untuk terpilihnya angkutan umum. Sedangkan skenario 7 dengan karakteristik mahasiswa adalah laki-laki, memiliki kendaraan, dan tidak memilih alasan ketersediaan menghasilkan probabilitas terpilihnya kendaraan pribadi sebesar 99,63%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemilihan moda, Karakteristik Perjalanan, Regresi Logistik Binary.
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2021 00:41
Last Modified: 31 Aug 2021 00:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45105

Actions (login required)

View Item View Item