PENGARUH KELEBIHAN PERAN DAN KETIDAKJELASAN PERAN PADA KEPUASAN KERJA DENGAN STRES KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Perawat Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Soewondo di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah)


Muhammad Abdul Khanif, . 7311416203 (2020) PENGARUH KELEBIHAN PERAN DAN KETIDAKJELASAN PERAN PADA KEPUASAN KERJA DENGAN STRES KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Perawat Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Soewondo di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KELEBIHAN PERAN DAN KETIDAKJELASAN PERAN PADA KEPUASAN KERJA DENGAN STRES KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Perawat Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Soewondo di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah)] PDF (PENGARUH KELEBIHAN PERAN DAN KETIDAKJELASAN PERAN PADA KEPUASAN KERJA DENGAN STRES KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Perawat Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Soewondo di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan kerja merupakan penunjang dari suatu kesuksesan organisasi.Setiap orang yang bekerja pada organisasi tentunya mengharapkan kepuasan kerja yang maksimal.Semakin banyak aspek yang sesuai dengan keinginan karyawan, maka semakin tinggi tingkat kepuasan yang dirasakan.Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan kerja karyawan seperti kelebihan peran, ketidakjelasan peran, dan stres kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelebihan peran dan ketidakjelasan peran pada stres kerja, pengaruh kelebihan peran dan ketidakjelasan peran pada kepuasan kerja, pengaruh stres kerja pada kepuasan kerja, dan memahami pengaruh kelebihan peran dan ketidakjelasan peran pada kepuasan kerja melalui stres kerja sebagai mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat rawat inap di Rumah Sakit terbesar di Kabupaten Kendal yang berjumlah 192 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 130 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan wawancara.Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis path menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelebihan peran dan ketidakjelasan peran berpengaruh positif dan signifikan pada stres kerja, kelebihan peran berpengaruh negatif dan signifikan pada kepuasan kerja. Namun ketidakjelasan peran berpengaruh negatif dan tidak signifikan pada kepuasan kerja.Stres kerja memiliki pengaruh negatif dan signifikan pada kepuasan kerja. Stres kerja tidak mampu mempengaruhi pengaruh antara kelebihan peran dan ketidakjelasan peran pada kepuasan kerja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kelebihan peran dan ketidakjelasan peran dapat meningkatkan stres kerja, kelebihan peran akan mempengaruhi penurunan pada kepuasan kerja, ketidakjelasan peran tidak akan mempengaruhi kepuasan kerja, stres kerja dapat menurunkan kepuasan kerja, stres kerja terbukti tidak mampu memediasi pengaruh kelebihan peran dan ketidakjelasan peran pada kepuasan kerja. Penelitian yang akan datang hendaknya menambahkan variasi variabel lain. Hal ini dikarenakan meskipun kelebihan peran dan ketidakjelasan peran berdampak baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kepuasan kerja. Namun, masih terdapat banyak faktor lain yang dapat mengurangi kepuasan kerja perawat dalam bekerja seperti work family conflict dan juga modal psikologis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelebihan Peran, Ketidakjelasan Peran, Kepuasan Kerja, Stres Kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 14:51
Last Modified: 30 Aug 2021 14:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45100

Actions (login required)

View Item View Item