ANALISIS KONSISTENSI PERENCANAAN DAN REALISASI PENGGUNAAN ANGGARAN PEMERINTAHAN KOTA SEMARANG TAHUN 2014-2018


LUTHFIYANA NUR ANISA, 7111413066 (2020) ANALISIS KONSISTENSI PERENCANAAN DAN REALISASI PENGGUNAAN ANGGARAN PEMERINTAHAN KOTA SEMARANG TAHUN 2014-2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KONSISTENSI PERENCANAAN DAN REALISASI PENGGUNAAN ANGGARAN PEMERINTAHAN KOTA SEMARANG TAHUN 2014-2018] PDF (ANALISIS KONSISTENSI PERENCANAAN DAN REALISASI PENGGUNAAN ANGGARAN PEMERINTAHAN KOTA SEMARANG TAHUN 2014-2018) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsistensi perencanaan dan realisasi penggunaan anggaran pemerintahan Kota Semarang tahun 2014-2018 dan untuk menganalisis tingkat capaian kinerja pada anggaran pemerintahan Kota Semarang tahun 2014-2018. Jenis dan desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan menganalisis konsistensi perencanaan dan realisasi penggunaan anggaran Pemerintahan Kota Semarang tahun 2014-2018. Kesimpulannyada adalah: (1)Konsistensi tertinggi ada pada dokumen RKA dan DPA. Seluruh program dan kegiatan pada RKA dan DPA sinkron satusama lain. Sedangkan konsistensi antara PPAS dan RENJA maupun RENJA dan RKA masih kurang konsisten dimana adanya penambahan atau pengurangan program dan kegiatan pada setiap dokumen tersebut, berarti penyusunan PPAS tidak berlandaskan RENJA dan penyusunan RKA tidak berlandaskan RENJA sepenuhnya. Hasil wawancara menunjukkan bahwa Inkonsistensi tersebut terjadi dikarenakan adanya kebijakan strategis pemerintah daerah, kepentingan politik, kemampuan keuangan daerah, kurangnya kualitas SDM/pejabat perencana, tidak tertampungnya kegiatan yang diusulkan, pimpinan daerah yang kurang memperhatikan proses perencanaan dan penganggarannya serta kebijakannya yang sering menggonta-ganti para pemegang kebijakan dan rendahnya komitmen dalam menjaga konsistensi perencanaan dan penganggaran tersebut. (2) Analisis capaian kinerja pada Kota Semarang menunjukkan bahwa secara umum pencapaian sasaran, program dan kegiatan pada Tahun Anggaran tidak dapat terealisasi 100%. Hal ini dikarenakan adanya program dan kegiatan baru dan dalam pelaksanaan program dan kegiatan tersebut memerlukan penyesuaian-penyesuaian. Implikasi dari konsistensi perencanaan dan penganggaran terhadap capaian kinerja pada Kota Semarang adalah belum tercapainya seluruh target kinerja yang telah ditetapkan 2014 dan belum terealisasi sesuai dengan target yang telah ditetapkan yaitu hanya 90,12%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konsistensi, Realisasi, Anggaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 14:16
Last Modified: 30 Aug 2021 14:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45095

Actions (login required)

View Item View Item