PENGARUH FINANCIAL DAN NON FINANCIAL FACTORS TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING DISCLOSURE (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2014-2018)


Ika Agustina, 7101416009 (2020) PENGARUH FINANCIAL DAN NON FINANCIAL FACTORS TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING DISCLOSURE (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2014-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH FINANCIAL DAN NON FINANCIAL FACTORS TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING DISCLOSURE (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2014-2018)] PDF (PENGARUH FINANCIAL DAN NON FINANCIAL FACTORS TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING DISCLOSURE (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2014-2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Islamic Social Reporting (ISR) adalah pelaporan tanggung jawab sosial perusahaan sesuai dengan nilai-nilai Islam. Di Indonesia pengungkapan ISR masih bersifat sukarela karena belum adanya standar baku dari pemerintah, sehingga menyebabkan pengungkapan tanggung jawab sosial pada perbankan syariah masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, investment account holders, dewan pengawas syariah, dan dewan komisaris independen terhadap pengungkapan islamic social reporting. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif. Populasi penelitian Bank Umum Syariah di Indonesia. Teknik pengumpulan sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling pada tahun 2014-2018. Sampel penelitian berjumlah 10 bank syariah dengan 50 unit analisis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dengan data sekunder berupa laporan tahunan Bank Umum Syariah. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis pada tahun 2014-2018 Bank Syariah Mandiri melakukan pengungkapan ISR paling tinggi, sedangkan Bank Victoria Syariah melakukan pengungkapan ISR paling rendah. Berdasarkan hasil uji statistik menyatakan profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan ISR. Sedangkan, investment account holders berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengungkapan ISR. Sementara, dewan pengawas syariah dan dewan komisaris independen tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan ISR Simpulan dari penelitian ini yaitu faktor keuangan yang terdiri dari profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage terbukti berpengaruh terhadap pengungkapan ISR, sedangkan faktor non keuangan yang terdiri dari investment account holders berpengaruh negatif terhadap pengungkapan ISR, sedangkan dewan pengawas syariah, dan dewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap pengungkapan ISR. Namun, secara simultan faktor keuangan dan non keuangan berpengaruh terhadap pengungkapan ISR. Saran yang diberikan dalam penelitian adalah bank syariah dapat meningkatkan pengungkapan ISR terutama pada indikator keuangan & investasi serta lingkungan. Selain itu, pemerintah hendaknya membuat standar khusus untuk pengungkapan ISR pada bank syariah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan ISR, Profitabilitas, Ukura Perusahaan, Leverage, Investment Account Holders, Dewan Pengawas Syariah, Dewan Komisaris Independen
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 13:37
Last Modified: 30 Aug 2021 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45089

Actions (login required)

View Item View Item