Nilai Konservasi dalam Pembelajaran IPS di Sekolah


Puji Lestari, FIS PPKN (2019) Nilai Konservasi dalam Pembelajaran IPS di Sekolah. HARMONY, 4 (2). pp. 126-133. ISSN N 2548-4621

[thumbnail of Nilai Konservasi dalam Pembelajaran IPS di Sekolah.pdf] PDF - Published Version
Download (338kB)
[thumbnail of Turnitin Nilai Konservasi dalam Pembelajaran IPS di Sekolah.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Review Nilai Konservasi dalam pembelajaran IPS di Sekolah.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengeksplorasi tentang nilai-nilai konservasi yang dikembangkan dalam budaya akademik Universitas Negeri Semarang (UNNES), khususnya dalam pembelajaran pada Program Studi (Prodi) Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial sebagai bagian dari kampus berwawasan konservasi, dan relevansinya dalam pembelajaran IPS di sekolah. Nilai konservasi yang dikembangkan dari Spirit Konservasi, sebagai dasar pengembangan budaya keilmuan berwawasan konservasi dan landasan filofosis perilaku, sebagai karakter mahasiswa sivitas akademik dalam kehidupan kampus. Menelisik kemanfaatan nilai-nilai konservasi dalam bagi lulusan yang menjadi guru IPS di sekolah. Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Subjek penelitian yakni dosen, mahasiswa, dan alumni Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial. Hasil analisis menunjukkan; pertama, pengembangan pembelajaran berwawasan konservasi, relevan dan bermanfaat dalam capaian kompetensi (KI dan KD) yang diajarkan di sekolah selama ini. Nilai konservasi ini masuk pada rumusan nilai�nilai karakter yang ditulis dalam perencanaan pembelajaran, yang terintegrasi pada pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Materi pembelajaran IPS SMP mengandung pengetahuan, sikap dan perilaku (psikomotor) konservasi meliputi konservasi alam, konservasi budaya, dan konservasi nilai dan moral. Kedua, kesadaran guru IPS alumni Program Studi Pendidikan IPS sebagai insan konservasi, bermanfaat sebagai bekal dan modal mahasiswa mewujudkan pilar konservasi alam, sosial dan moral dalam habitus mereka. Penelitian ini merekomendasi pentingnya penataan lebih konkrit dan jelas terhadap pembelajaran mata kuliah di Program Studi Pendidikan IPS yang nantinya dapat memberi pengetahuan kepada mahasiswa tentang nilai-nilai konservasi yang harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai budaya akademik universitas berwawasan konservasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: culture; academic; spirit of conservation, UNNES
Subjects: L Education > L Education (General) > motivation to learn
L Education > L Education (General) > school environment
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 30 Aug 2021 10:10
Last Modified: 30 Aug 2021 10:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45085

Actions (login required)

View Item View Item