Kemampuan Siswa Kelas XII Bahasa SMA N 6 Semarang Dalam Melakukan Tindak Komunikasi Lisan Demander Et Donner Des Informations.


Nur Hafidloh, 2007 (2007) Kemampuan Siswa Kelas XII Bahasa SMA N 6 Semarang Dalam Melakukan Tindak Komunikasi Lisan Demander Et Donner Des Informations. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kemampuan Siswa Kelas XII Bahasa SMA N 6 Semarang Dalam Melakukan Tindak Komunikasi Lisan Demander Et Donner Des Informations.]
Preview
PDF (Kemampuan Siswa Kelas XII Bahasa SMA N 6 Semarang Dalam Melakukan Tindak Komunikasi Lisan Demander Et Donner Des Informations.) - Published Version
Download (16kB) | Preview

Abstract

Hafidloh, Nur. 2007. Kemampuan Siswa Kelas XII Bahasa SMA N 6 Semarang Dalam Melakukan Tindak Komunikasi Lisan Demander Et Donner Des Informations. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : I. Drs. Sudarwoto, M. Pd, II. Dra. Anastasia Pudji T, M. Hum. Kata Kunci : tindak komunikasi, demander et donner des informations. Pada hakikatnya, belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi. Pembelajaran bahasa Prancis di SMA bertujuan untuk memperoleh kompetensi komunikatif atau kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Prancis, baik kemampuan yang bersifat reseptif maupun yang bersifat produktif. Begitu pula halnya dengan siswa-siswi SMA yang belajar bahasa Prancis, mereka diharapkan mampu berkomunikasi dengan bahasa Prancis yang sesuai dengan tingkat mereka. Para siswa setidaknya mampu bertanya dan memberikan informasi-informasi yang bersifat sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam melakukan tindak komunikasi lisan demander et donner des informations serta untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa pada saat melakukan tindak komunikasi tersebut. Responden adalah siswa kelas XII Bahasa SMA N 6 Semarang, sebanyak 16 siswa. Metode pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data mengenai nama dan jumlah siswa, sedangkan metode tes digunakan untuk mendapatkan data tentang kemampuan siswa dalam melakukan tindak komunikasi lisan demander et donner des informations. Validitas yang digunakan adalah validitas isi, sedangkan untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan hasil ratings. Rumus product-moment digunakan untuk memperoleh angka reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif persentase dan analisis kritis. Nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil perhitungan data adalah 68,87 dan berdasarkan kriteria PAP yang berlaku di SMA, nilai 68,87 termasuk dalam kategori ‘cukup’. Kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan pelafalan, kesalahan struktural, kesalahan gramatikal, dan kesalahan kosa kata. Kesalahan pelafalan terjadi karena cara melafalkan kata-kata bahasa Prancis yang kurang tepat. Kesalahan struktural juga banyak dilakukan siswa, terutama dalam kalimat yang di dalamnya terdapat verba être. Selain itu, ada beberapa di antara mereka yang tidak menggunakan verba dan atau tidak mengkonjugasikan verba, sedangkan kesalahan gramatikal banyak terjadi akibat dari penggunaan déterminant yang salah maupun ada beberapa siswa yang tidak menyertakan déterminant pada nomina. Kesalahan yang paling sering dilakukan siswa adalah kesalahan pelafalan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tindak komunikasi, demander et donner des informations.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PC Romance languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2011 02:13
Last Modified: 24 Sep 2011 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4508

Actions (login required)

View Item View Item